banner 970x250
HUKUM  

M Khadafi Puji Gerak Cepat Ketum IKAPI Oscar Sagita

Anggota IKAPI, M Khadafi saat menghadiro halal bihalal beberapa waktu lalu.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Salah satu anggota Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) M Khadafi memuji Ketum Oscar Sagita yang bergerak cepat dalam forum UNCITRAL Working Group V yang diselenggarakan di New York, Amerika Serikat pada 13-17 Mei 2024.

“Apa yang dilakukan Ketum IKAPI adalah sebagai langkah maju yang haru kita dukung untuk kepentingan Kurator di Indonesia,” kata Khadafi dalam rilisnya.

Dia mengatakan dengan ambil bagian dalam forum tersebut kurator di Indonesia dapat memetik informasi dan pada gilirannya dapat dimanfaatkan bagi kepentingan hukum kepailitan dan insolvensi di Indonesia.

“Dengan hal ini kita Kurator bisa melakukan pelacakan dan kepailitan di luar negeri sekalipun,” tegas Khadafi.

Sebelumnya Ketum IKAPI Oscar Sagita bersama dengan Kementrian Hukum dan HAM menghadiri UNCITRAL Working Group V yang diselenggarakan di New York, Amerika Serikat pada 13-17 Mei 2024.

Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita menuturkan bahwa penerapan hukum dan kebijakan insolvensi antar negara harus segera dilakukan. Salah satunya dengan mengamati pembentukan model law yang di gagas oleh UNCITRAL.

Hal ini agar kurator asal Indonesia yang mengurus aset debitur pailit mendapatkan kepastian dalam penelusuran, pelacakan dan pemulihan aset di luar negeri.

“Beleid regulasi kita perlu dimodifikasi dengan acuan UNCITRAL model law on cross border insolvency dengan perkembangan hukum di dunia saat ini,” ujar Oscar dalam keterangannya, Jumat (24/5/2024).