banner 970x250
TMMD  

Kardi, Warga Desa Napis Tambakrejo dapat Berkah Program TMMD 120 Kodim Bojonegoro

BOJONGORO, –  Setelah dikerjakan selama lebih kurang 30 hari oleh personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan masyarakat, akhirnya rumah milik bapak Kardi (49) warga Desa Napis RT.002/RW.001 sudah bisa ditempati dengan nyaman dan juga berbeda dari sebelumnya.

Bapak Kardi, adalah salah satu dari 6 warga Desa Napis yang mendapatkan bantuan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) melalui program TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro tahun 2024. Tak hanya di Desa Napis, kegiatan yang mengusung tema ‘Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah’ ini juga merehab 6 unit RTLH di Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo.

Saat ditemui, bapak Kardi merasa sangat terharu atas rumahnya yang sebelumnya mengalami kerusakan dengan kondisi atap bocor, dinding penuh lubang dan berlantaikan tanah. Saat ini rumahnya berubah drastis setelah di rehab oleh tangan tangan terampil prajurit TNI dari Tiga Matra Angkatan yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang tergabung dalam Satgas TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro bersama masyarakat sekitar.

“Saya merasa mendapatkan berkah, dan hadiah yang tidak terduga. Setelah dibongkar, diperbaiki selama sebulan oleh bapak bapak TNI dan warga akhirnya rumah saya benar benar bagus dan sangat layak sebagai tempat tinggal,” tutur Kardi, Rabu (5/6/2024).

Dia menceritakan, selama satu bulan perbaikan rumahnya oleh Para personel Satgas TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro mulai dari atap yang diganti, serta mendapatkan dinding yang terbuat dari tembok. Semuanya, dikerjakan tanpa henti dengan semangat yang luar biasa.

“Lantai rumah saya yang dulu masih tanah, sekarang sudah dikeramik. Tidak ada debu yang beterbangan, dan menempel di perabotan rumah. Sekarang benar benar menjadi rumah yang sehat,” tambahnya.

Atas rumah yang sudah sangat layak untuk dihuni ini, bapak Kardi, tidak bisa berkata apa apa untuk menyampaikan rasa terima kasihnya. Namun apa yang sudah diberikan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan jajaran TNI dalam hal ini Kodim 0813 Bojonegoro melalui program TMMD ke- 120 tahun ini merupakan anugerah kebahagiaan tersendiri bagi bapak Kardi beserta keluarganya.

“Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab Bojonegoro dan jajaran TNI, serta Pemerintah Desa Napis atas bantuan bedah rumah ini. Sekarang kami merasa lebih aman dan nyaman menempati rumah kami,” pungkas Kardi.

Tak hanya renovasi RTLH, kegiatan program yang berlangsung dari tanggal 8 Mei sampai dengan 7 Juni 2024 di Desa Napis dan Desa Malingmati ini juga mengerjakan sasaran fisik lainya yaitu rehabilitasi chek dam, pembangunan jalan aspal desa, renovasi ruang kelas sekolah, pembangunan pelindung tebing sungai dan pembangunan sarana prasarana air bersih.