banner 970x250
BISNIS  

Jakarta X Beauty 2024 Resmi Dibuka, KemenkopUKM Dukung Pemberdayaan Produk Kecantikan Lokal

Jakarta, Nusantarapos – Perkembangan industri kecantikan meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Terlihat dengan adanya peningkatan pertumbuhan pelaku kosmetik sebesar 2,19% menurut BPOM dan nilai ekspor kosmetik, wewangian serta essential oils yang tercatat mencapai USD 770,8 juta.

Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM kecantikan dan perawatan diri, Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM Fiki Satari, menghadiri perhelatan beauty event Jakarta X Beauty 2024 dan memberikan kata sambutan, di Jakarta Convention Center, Kamis (6/6/2024).

Dalam pembukaan event kecantikan tersebut, hadir pula CEO Female Daily, Hanifa Ambadar, dan Group CEO of ParagonCorp, Harman Subakat.

Mengangkat topik, “Pemberdayaan UMKM Kecantikan Berdaya Saing Internasional”, Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan 3 poin utama bahwa UMKM kecantikan dan perawatan diri memiliki
kesempatan besar untuk bisa bersaing di pasar internasional.

“Pertama adalah pemerintah sudah membuat regulasi untuk melindungi pasar lokal agar UMKM bisa bersaing dengan produk asing. Kedua, KemenKopUKM juga memediasi akses pembiayaan melalui mitra seperti inkubator, agregator, akselerator, dan enabler. Dan yang terakhir, KemenKopUKM sudah membuat inisiatif Rumah Produksi Bersama (RPB) dari hulu ke hilir. Contoh dari RPB adalah salah satu bahan baku essential oil yaitu Nilam yang berlokasi di Aceh.” ungkap Fiki Satari.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh KemenKopUKM, Harman Subakat selaku Group CEO of ParagonCorp pun meyakini bahwa produk-produk yang dimiliki di bawah naungan perusahaannya bisa semakin dikenal di luar negeri dalam beberapa tahun ke depan.

“Produk-produk kami selain di Indonesia, juga sudah dikenal di Malaysia. Hal ini membuktikan kalau memang produk Paragon memiliki kualitas yang tidak kalah baiknya dengan brand luar negeri. Kami selalu mengedepankan inovasi, menciptakan tren, dan terutama mendengarkan masukan dari para pelanggan supaya produk-produk kami bisa terus maju.” terangnya.

Ia pun menambahkan bahwa event kecantikan Jakarta X Beauty 2024 menjadi wadah yang
tepat dan sangat dibutuhkan bagi brand-brand kecantikan ini untuk bisa semakin dikenal oleh masyarakat banyak dan menumbuhkan semangat untuk membanggakan Indonesia dengan produk-produk lokal berkualitas.

CEO Female Daily Network, Hanifa Ambadar, menjelaskan,“Itulah kenapa tahun ini Female Daily X Beauty membawa tiga pesan utama yaitu Keberlanjutan, Inovasi, dan Inklusivitas. Kami meyakini dengan ketiga pilar tersebut bisa mewujudkan masa depan kecantikan Indonesia yang selalu mengikuti tren global agar dapat bersaing secara internasional, dan pada akhirnya memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi lewat sektor kecantikan dan perawatan diri.” paparnya.

Sebagai penutup, Fiki Satari menuturkan bahwa pemerintah akan selalu mendukung kemajuan industri di Indonesia, terutama UMKM kecantikan dan perawatan diri, supaya bisa dengan mudah dikenal secara internasional. Salah satunya juga dengan mempermudah pendaftaran BPOM bagi UMKM melalui Smesco Indonesia, sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah KemenKopUKM.

Jakarta X Beauty 2024 diselenggarakan selama 4 hari, mulai tanggal 6-9 Juni 2024, pukul 10 pagi hingga 10 malam, di Jakarta Convention Center. Event kecantikan ini menghadirkan lebih dari 400 brand, dan dihadiri oleh para pecinta kecantikan, pelaku bisnis kecantikan, dan juga figur publik.