BISNIS  

Satu Dekade IDN Membangun Indonesia, Bertransformasi Menjadi Consumer Tech Platform

Jakarta, Nusantarapos – Sepuluh tahun yang lalu, IDN Media memulai perjalanan yang akan mengubah lanskap media digital di Indonesia. Berawal dari satu produk, IDN Times, kini IDN Media telah bertransformasi menjadi perusahaan teknologi konsumen multifaset yang dikenal dengan nama IDN.

Evolusi ini mencakup berbagai bisnis, termasuk livestreaming, creators economy, talent management, festival musik, rumah produksi film, dan bahkan lembaga riset. Masing-masing produk tersebut tidak berdiri sendiri; mereka adalah komponen yang saling terhubung dalam satu ekosistem yang kohesif, didorong oleh kemajuan teknologi. Esensi dari transformasi IDN sangat berakar pada komitmennya terhadap Indonesia dan generasi mudanya.

Seperti yang diungkapkan oleh Winston Utomo, CEO IDN, “Inti dari apa yang kami lakukan tercermin dalam nama kami: IDN = Indonesia. Tidak ada bangsa yang besar tanpa generasi muda. Kami benar-benar percaya pada kekuatan generasi muda,” ujarnya melalui Siaran Pers yang diterima redaksi, Sabtu (8/6/2024).

Keyakinan bahwa pemuda adalah arsitek masa depan mendorong visi dan misi IDN untuk menjadi katalisator bagi bangsa yang lebih baik dan berpengetahuan. Untuk mencapai hal tersebut, IDN berkembang menjadi consumer tech platform dan ekosistem yang melayani generasi muda Indonesia. Dengan langkah ini, IDN bertujuan membangun masyarakat yang berpengetahuan dan siap menyongsong masa depan yang lebih baik. Usaha mulia ini, seperti yang ditekankan oleh Winston Utomo, adalah tentang meletakkan fondasi utama bagi Indonesia untuk maju sebagai pemain signifikan di panggung global, dengan potensi menjadi kekuatan ekonomi yang disegani. Selain melalui pendekatan jurnalisme, usaha ini juga didukung oleh ekosistem produk yang kuat dan saling mendukung. Harapannya, hal ini dapat memberdayakan generasi muda untuk membuka potensi mereka dan berkontribusi secara berarti demi Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

Tak hanya itu William Utomo selaku COO IDN, juga menyoroti pentingnya upaya kolektif dalam perjalanan IDN. “Selama sepuluh tahun terakhir, kami telah bekerja keras untuk tetap setia pada komitmen kami dan menyaksikan kekuatan luar biasa dari usaha kolektif. Bersama Timmy (istilah yang kami gunakan untuk menyebut karyawan di IDN) dan semua anggota komunitas kami, kami merangkul semangat inovasi, kolaborasi, dan persatuan yang mendefinisikan IDN,” jelasnya.

Semangat kolektif ini telah menjadi kunci bagi IDN dalam berinovasi dan memperluas ekosistemnya, memastikan relevansi dan dampaknya di dunia yang terus berubah. Merayakan tonggak sejarah satu dekade IDN berkarya, penting untuk diakui bahwa ini merupakan sebuah permulaan.

“Akhirnya, saya ingin berbagi bahwa ini baru permulaan bagi kami. IDN yang kita lihat hari ini baru menggores permukaan visi jangka panjang kami. Sementara dekade pertama adalah tonggak penting dalam perjalanan kami, misi kami untuk membangun ekosistem bagi generasi muda Indonesia selalu merupakan pekerjaan yang tidak akan pernah berakhir. Kami akan terus bekerja sangat keras untuk menjadi perusahaan yang berusia lebih dari 100 tahun yang berfokus pada pelanggan, berkelanjutan, dan dapat diskalakan sebagai sebuah entitas yang membawa dampak positif bagi masyarakat di seluruh Indonesia,” papar William Utomo.

Sifat multifaset dari ekosistem IDN adalah kunci untuk memahami transformasi luar biasa ini. Setiap usaha dalam ekosistem IDN memiliki tujuan strategis, berkontribusi pada misi yang lebih luas untuk memberdayakan generasi muda Indonesia dan mendemokratisasikan informasi.

Livestreaming: IDN sedang membangun platform livestreaming interaktif dan edukatif untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan keterlibatan. Dengan menggabungkan teknologi canggih dan mendorong interaksi real-time, layanan livestreaming IDN bertujuan untuk menyediakan konten berharga yang informatif dan menarik.

Ekonomi Kreator: IDN berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh bagi para kreator konten untuk berinovasi dan mencapai kesuksesan di era digital. Ini termasuk menyediakan sumber daya, platform, dan dukungan finansial untuk membantu kreator memperluas audiens mereka dan memonetisasi konten mereka, sehingga mendorong ekonomi kreatif yang dinamis dan hidup.

Hiburan: IDN memproduksi konten hiburan berkualitas tinggi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan generasi muda Indonesia. Mulai dari festival musik, grup idola hingga produksi film, IDN memastikan bahwa usaha hiburannya sesuai dengan dan memperkaya pengalaman budaya audiensnya.

Media Digital: IDN menyampaikan informasi dan berita yang akurat, terpercaya, dan relevan yang disesuaikan dengan gaya hidup generasi muda. Dengan tetap mengikuti preferensi dan kebutuhan audiensnya, platform media digital IDN memainkan peran penting dalam menjaga generasi muda tetap terinformasi dan terlibat dengan peristiwa dan isu sosial terkini.

Perjalanan IDN selama satu dekade adalah bukti kekuatan transformatif dari visi, inovasi, dan komitmen teguh pada nilai-nilai inti. Seiring IDN terus berkembang, misinya tetap jelas: membangun ekosistem yang memberdayakan generasi muda Indonesia, mendemokratisasikan informasi, dan mendorong bangsa menuju masa depan yang sejahtera.

Perjalanan ini masih berlangsung, dan dengan setiap langkah, IDN menegaskan kembali dedikasinya untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik. Masa depan memegang janji besar, dan IDN siap memimpin jalan, memastikan bahwa dampaknya dirasakan tidak hanya hari ini, tetapi juga untuk generasi yang akan datang. One step a time, for a better Indonesia.