banner 970x250
DAERAH  

Pelindo Sub Regional Jawa Salurkan Hewan Qurban pada Idul Adha 1445 H/2024

Surabaya, Nusantarapos.co.id – Menyambut Idul Adha tahun ini, melalui program TJSL, Pelindo Sub Regional Jawa mengadakan kegiatan Pelindo Berbagi Hewan Qurban 1445 H/ 2024 kali ini menyalurkan sebanyak 38 ekor sapi qurban senilai 950 Juta kepada masyarakat di sekitar wilayah pelabuhan dalam rangka berbagi kebahagiaan pada Idul Adha1445 H.

Penyerahan sapi qurban dilakukan secara simbolis dilaksanakan pada Kamis (13/06/2024) bertempat di kantor Pelindo Sub Regional Jawa, Pelabuhan Tanjung Perak.

Secara simbolis penyerahan dilakukan oleh Senior Manager Regional Pelindo Sub Regional Jawa, Adi Setiawan kepada Perwakilan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Junaedi, Nuryanti selaku perwakilan Kelurahan Tanjung Perak, dan KH.Sudarman selaku Takmir Masjid Baitul Hakam.

Adi Setiawan menjelaskan bahwa penyerahan bantuan hewan qurban ini merupakan salah satu agenda rutin tahunan sebagai bentuk kepedulian Pelindo terhadap masyarakat yang berada di sekitar lingkungan pelabuhan.

“Program ini merupakan bentuk kepedulian Pelindo dalam berbagi kebahagiaan pada momen Idul Adha tahun ini kepada masyarakat, untuk itu kita menjadikan agenda ini sebagai agenda rutin setiap tahun untuk menumbuhkan semangat berqurban kepada masyarakat ”, jelas Adi.

Adi menjelaskan penyembelihan hewan qurban selain sebagai wujud ketaqwaan dalam melaksanakan perintah Allah, kita juga telah menjalankan bentuk solidaritas kemanusian dalam wujud pembagian daging qurban, dan alhamdulilah tahun ini Pelindo masih menyalurkan hewan qurban meskipun jumlahnya tidak sebanyak tahun lalu sejumlah 40 ekor sapi.

“Nanti proses penyembelihan hewan qurban yang dilakukan di Masjid Baitul Hakam melibatkan beberapa pegawai yang akan turut andil dalam pelaksanaan penyembelihan maupun pembagian daging qurban kepada warga sekitar secara sukarela”, tambahnya.

Berdasarkan data yang ada, pihaknya menjelaskan untuk tahun ini total keseluruhan hewan qurban yang akan disalurkan sebanyak 15 ekor sapi untuk wilayah Tanjung Perak Surabaya yang nantinya akan disalurkan kepada masjid, musholla, yayasan serta kelurahan setempat.

Namun secara keseluruhan Pelindo Sub Regional Jawa membagikan 38 ekor sapi qurban yang akan disalurkan di beberapa wilayah Pelindo Sub Regional Jawa diantaranya Tanjung Perak 15 ekor, Tanjung Emas 6 ekor, Tanjung Wangi 4 ekor, Tanjung Intan 4 ekor, Tanjung Tembaga 2 ekor, Kalianget 3 ekor, Gresik 2 ekor, dan Tegal 2 ekor.

Sementara itu Nuryanti mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur atas pemberian dari Pelindo yang setiap tahunnya rutin menyalurkan hewan qurban ke wilayah Tanjung Perak sehingga lebih luas cakupan masyarakat yang akan mendapatkan keberkahan di moment Mubarak ini. “Bantuan ini selanjutnya akan kami serahkan kepada pengurus masjid di wilayah Tanjung Perak,” ungkapnya.

Nuryanti selaku perwakilan Kelurahan Tanjung Perak juga berharap semoga sumbangan hewan kurban ini dapat terus berlanjut dan Pelindo Sub Regional Jawa semakin sukses dan jaya selalu. “Serta kedepannya bisa semakin memberikan sumbangsih yang lebih untuk kesejahteran masyarakat lainnya agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat luas,” imbuhnya.

Di sisi lain, K.H Sudarman juga mengaku sangat bahagia dan bersyukur karena masih diberi kepercayaan untuk menerima bantuan qurban sekaligus menjadi ketua panitia penyembelihan hewan qurban pada tahun ini.

“Sudah kesekian kalinya saya hadir dalam acara simbolis penerimaan hewan qurban yang diberikan oleh Pelindo Sub Regional Jawa setiap tahunnya dan Alhamdulillah senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas rahmat dan berkahnya sehingga mampu dipercayakan kembali untuk menerima bantuan hewan qurban dan membagikannya kepada masyarakat”, ujarnya.

Kegiatan Pelindo Berbagi Hewan Qurban 1445 H/2024 ini diharapkan dapat memberikan kontribusi di dalam kepedulian sosial dan lingkungan terhadap wilayah pelabuhan Tanjung Perak dan wilayah Pelindo Sub Regional Jawa lainnya. (Aryo)