banner 970x250

Babinsa Koramil 0813-09/Sumberrejo Bojonegoro bekali Bela Negara Linmas Desa Sumberharjo

BOJONEGORO, – Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Sumberrejo Kodim 0813 Bojonegoro, Serma Moch. Andi Yulianto, turut menghadiri kegiatan pembinaan dan pelatihan terhadap anggota Linmas Desa Sumberharjo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.

Pada kegiatan yang dilangsungkan di Balai Desa Sumberharjo ini anggota Linmas diberikan penguatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara dengan memantapkan gerakan-gerakan dasar dalam Peraturan Baris Berbaris (PBB). Kegiatan pembekalan kedisiplinan tersebut dilakukan secara berkala dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota Linmas desa.

Dikonfirmasi, Minggu (23/6/2024), Serma Moch. Andi Yulianto, mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sumberharjo ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas anggota Linmas terkait dengan fungsinya sebagai pertahanan negara, disamping fungsinya dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Sehingga anggota Linmas tersebut dapat membantu menjaga Kamtibmas, ketentraman dan pertahanan wilayah. Selain itu, anggota Linmas ini juga eamanan, ketertiban, Selain itu, anggota Linmas ini juga diharapkan bisa membantu kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang diselenggarakan oleh Pemdes seperti membantu penanggulangan dan penanganan pengungsi,” ujarnya.

Terlebih, masih menurut Serma Moch. Andi Yulianto, jika selalu bersinergi dengan Babinsa, Bhabinkamtibamas dan perangkat desa maka kehadiran anggota Linmas di masyarakat dalam melaksanakan tugas diwilayah, tentunya akan menjadi lebih ringan.

“Sehingga pembekalan kedisiplinan dan penguatan bela negara perlu terus dilakukan, karena anggota Linmas merupakan bagian dari unsur komponen pertahanan semesta yang harus selalu siap dalam mempertahankan negara,” ungkanya.

Ditempat terpisah Danramil 0813-09/Sumberrejo Kapten Inf Kasbolah, menjelaskan bahwa pembinaan Linmas salah satu bagian dari pertahanan negara dan linmas adalah komponen pendukung bagi TNI baik pada situasi aman juga bila di perlukan saat perang.

“TNI harus bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat agar tercapai masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD ’45,”pungkas Kapten Inf Kasbolah.