banner 970x250
DAERAH  

Petualangan Inspiratif Srikandi TP Sriwijaya “Goes To Solo-Yogyakarta”

Nusantarapos, Jakarta – Dibawah kepemimpinan Ibu Nyimas Aliah (Masa Bakti 2021-2026), organisasi Srikandi Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya menggelar tour luar kota yang memukau ke Jogjakarta dan Solo.

Kegiatan ini bertemakan *Menjadikan Perjalanan Wisata untuk Mempererat Persaudaraan Sesama Srikandi TP. Sriwijaya.

Untuk pertama kalinya, di bawah kepemimpinan Ibu Nyimas Aliah, SE. S.Sos. M.Ikom (Masa Bakti 2021-2026), organisasi Srikandi TP. Sriwijaya menggelar tour luar kota ke Jogjakarta dan Solo bertemakan “Menjadikan Perjalanan Wisata untuk Mempererat Persaudaraan Sesama Srikandi TP Sriwijaya”.

Kegiatan jalan-jalan atau field trip yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 24 Juni ini sebenarnya sudah direncanakan satu bulan sebelumnya, dengan tujuan menikmati Wisata Budaya, Religi dan Rohani, serta Wisata Kuliner.

Sebelum keberangkatan, Ketua Umum Srikandi TP Sriwijaya, Nyimas Aliah, SE. S.Sos. M.Ikom, memberikan kata sambutan, Kita malam ini benar-benar bersyukur bisa hadir goes to Yogyakarta dan Solo. Kita adalah paguyuban yang berasal dari 5 provinsi dengan sebutan Belajasumba (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung).

Nyimas Aliah juga menyampaikan bahwa pengurus dan anggota tidak hanya berasal dari Belajasumba, tetapi juga mencakup mereka yang memiliki kedekatan emosional dan hubungan silaturahmi dengan Sumatera Selatan.

“Bergabung dalam organisasi yang kita cintai ini adalah sebuah kebanggaan. Srikandi TP Sriwijaya merupakan badan otonom dari organisasi Tenaga Pembangunan Sriwijaya, yang pada masa lalu merupakan sebuah kerajaan besar di Asia Tenggara yang menyatukan lima provinsi, yaitu Belajasumba,” ujar Nyimas Aliah.

Dikatakan juga oleh Nyimas Aliah, bahwa pengurus dan anggota kita ini bukan saja berasal dari Belajasumba, tetapi bagi mereka yang punya kedekatan secara emosional, punya hubungan silaturahmi dari Sumatera Selatan, bergabung di organisasi yang kita cintai ini, merupakan satu kebanggaan bagi kita berada dalam organisasi Srikandi Tenaga Pembangunan (TP.) Sriwijaya yang merupakan badan otonom dari organisasi Tenaga Pembangunan Sriwijaya, yang merupakan sebuah kerajaan besar di Asia Tenggara pada waktu itu yang menyatukan lima Provinsi, yaitu Belajasumba.

Selain itu, beliau juga menambahkan, Kita bersyukur bisa bersama ibu-ibu anggota arisan, malam ini kita bisa menyatu dalam satu bus menuju Yogyakarta dan Solo.”

Nyimas Aliah juga menyatakan, Sengaja kita membuat tema Menjadikan Perjalanan Bersama untuk Memperkuat Persaudaraan,” ucapnya saat pemberangkatan, Sabtu (22/6/2024).

Selanjutnya Nyimas Aliah menuturkan, mestinya ada sebuah pelepasan pemberangkatan oleh Ketua Umum Tenaga Pembanguan (TP.) Sriwijaya Bapak Dr. H. Sudirman D’Hury, SH. MM. M.Sc, namun beliau berhalangan hadir, karena adanya tugas yang tidak bisa ditinggalkan. Berkenan hadir Sekjen Tenaga Pembangunan (TP.) Sriwijaya Bapak Drs. H. Yahya Maya Sakti SH.

Lebih jauh Nyimas Aliah mengatakan, selama 4 hari ini hendaknya kita semua saling tolong menolong, saling membatu, saling menguatkan. Disini pun ada senior yang lebih tua kita patut hormati, yang tua sayangi yang muda untuk kebersamaan dan solidaritas kita semua.

Sudah tiga tahun ini kita diamanahkan sebagai pengurus pusat, dan sudah tiga kali juga Srikandi TP. Sriwijaya ini memperingati Hari Lanjut Usia Usia Nasional (HLUN). Lansia merupakan orang yang harus kita hormati, semua lansia adalah orang tua kita.

Untuk pertama kalinya, di bawah kepemimpinan Ibu Nyimas Aliah, SE. S.Sos. M.Ikom (Masa Bakti 2021-2026), organisasi Srikandi TP Sriwijaya menggelar tour luar kota ke Jogjakarta dan Solo dengan tema *Menjadikan Perjalanan Wisata untuk Mempererat Persaudaraan Sesama Srikandi TP Sriwijaya*.

Kegiatan jalan-jalan atau field trip yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 24 Juni ini sebenarnya sudah direncanakan satu bulan sebelumnya, dengan tujuan menikmati wisata budaya, religi dan rohani, serta wisata kuliner.

Sebelum keberangkatan, Ketua Umum Srikandi TP Sriwijaya, Nyimas Aliah, SE. S.Sos. M.Ikom, memberikan kata sambutan: “Kita malam ini benar-benar bersyukur bisa hadir goes to Yogyakarta dan Solo. Kita adalah paguyuban yang berasal dari 5 provinsi dengan sebutan Belajasumba (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung).”

Nyimas Aliah juga menyampaikan bahwa pengurus dan anggota tidak hanya berasal dari Belajasumba, tetapi juga mencakup mereka yang memiliki kedekatan emosional dan hubungan silaturahmi dengan Sumatera Selatan.

“Bergabung dalam organisasi yang kita cintai ini adalah sebuah kebanggaan. Srikandi TP Sriwijaya merupakan badan otonom dari organisasi Tenaga Pembangunan Sriwijaya, yang pada masa lalu merupakan sebuah kerajaan besar di Asia Tenggara yang menyatukan lima provinsi, yaitu Belajasumba,” ujar Nyimas Aliah.

Selain itu, beliau juga menambahkan, “Kita bersyukur bisa bersama ibu-ibu anggota arisan, malam ini kita bisa menyatu dalam satu bus menuju Yogyakarta dan Solo.” Nyimas Aliah juga menyatakan, “Sengaja kita membuat tema *Menjadikan Perjalanan Bersama untuk Memperkuat Persaudaraan*,” ucapnya saat pemberangkatan, Sabtu (22/6/2024).

Insya Allah kembali dari perjalanan ini kita menjadi keluarga besar yang bisa saling berbagi dan saling menguatkan satu sama lain.

Aku selalu memaknai hukum viral satu berbanding dua ratus lima puluh, setiap satu orang itu punya minimal dua ratus lima puluh orang relasi. Jika anda baik maka dikenal oleh dua ratus lima puluh orang. Kalau kita memberikan kesan baik selama perjalanan lalu kita berlomba lomba dalam berbuat kebaikan.

Intinya, perjalanan ini adalah untuk menjalin persaudaraan. Ini adalah aset yang besar dari Srikandi Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya.

Nyimas Aliah selalu melontarkan falsafah bahwa Srikandi adalah ibarat sapu lidi. “Sapu lidi kalau tercecer tidaklah berarti, tapi kalau bersatu dalam satu ikatan, akan mendatangkan manfaat,” ujarnya.

Begitu pun kita orang Belajasumba, kita menyatu di organisasi. Tenaga Pembangunan (TP.) Sriwijaya adalah organisasi besar yang sudah ada sejak 1965 lalu oleh para pendiri-pendiri kita terdahulu, para Tentara Pelajar.

Kita sejatinya harus bangga menyatakan diri dari organisasi Belajasumba. Tantangannya pasti cukup besar karena kita menyatu dari lima provinsi yang pasti beda suku, budaya, bahasa, adat istiadat dan berbagai kebiasaan, yang berpotensi menimbulkan konflik atau benturan kepentingan.

Untuk mencegah terjadinya konflik tersebut, pada bulan Desember Tahun 2022 yang lalu, Srikandi TP. Sriwijaya sudah mendeklarasikan Srikandi Pegiat Perdamaian untuk Indonesia Maju, bertepatan dengan pelaksanaan Peringatan Hari Ibu. Butir butir yang ada dalam deklarasi tersebut, antara lain untuk saling menjaga toleransi, ataupun kebersamaan yang merupakan kekuatan kita.

Kita ini pun sangat terbuka bagi simpatisan kepada Srikandi Tenaga Pembangunan (TP.) Sriwijaya.

Ucapan terimaksih kepada panitia, dalam hal ini yang dikoordinir oleh Adinda R.A. Aisyah yang akrab disapa Echa, mohon maaf tidak dapat saya sebut satu persatu, sekali lagi saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesiapan, kesediaan, keikhlasan untuk membantu suksesnya acara kita.

Para panitia memberikan layanan dan manfaatnya bagi kita semua dan juga menjadi ladang pahala amal ibadah.

Aku mohon panitia memberikan layanan, jangan bosan, jangan nyerah, karena kita ini merupakan satu komunitas, harap maklum hendaknya atas segala kekurangannya.

Kalau anda puas katakanlah dengan teman, tidak puas katakanlah pada aku. Ini merupakan prinsipnya.

Ucapan terimaksih yang setinggi tingginya kepada Ibu Ida Ahsan dan Bapak Brigjen Pol Ahmad Ihsan yang memberikan fasilitas Patwal dari keberangkatan hingga menuju lokasi dan tempat tempat yang dituju. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikannya.

Ucapan terimakasih kepada seluruh para peserta yang sudah berpartisipasi serta para sponsor Susu Glutagen, yang telah mengajak kita traveling dan refreshing.

Destinasi Yogyakarta yang dikunjungi antara lain Gumuk Pasir, Little Tokyo, Tugu Jogya, Keraton, Wisata alam Gamplong, Pendopo Lawas, Bukit Bintang serta Malioboro.

Sedangkan destinasi Solo antara lain Masjid Bin Zayed serta Wisata Kuliner khas Solo. (Guffe)