banner 970x250
DAERAH  

Plt. Bupati Bawa Semangat Harganas Tekan Kasus Stunting dan Wujudkan KLA di Sidoarjo

Sidoarjo, Nusantarapos.co.id – Berbagai kegiatan memeriahkan perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tahun 2024 digelar selama sepekan di kota Atlas, julukan dari kota semarang. Puncak peringatan, Sabtu (29/6) di Lapangan Pancasila Simpang lima, Semarang.

Plt. Bupati Sidoarjo, Subandi, menghadiri puncak peringatan Harganas ke-31 di Kota Semarang, Jawa Tengah. Didampingi oleh istri tercinta, dr. Sriatun Subandi selaku Plt.Ketua TP.PKK Kabupaten Sidoarjo.

Kehadiran pimpinan daerah ini mempertegas komitmen Kabupaten Sidoarjo dalam mengedepankan pentingnya keluarga sebagai pilar utama pembangunan bangsa.

Subandi menyatakan kekagumannya terhadap pencapaian Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah. Dimana Indeks Pembangunan Keluarga di atas rata-rata nasional.

“Kami sangat terinspirasi oleh keberhasilan Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan indeks pembangunan keluarga. Kami berharap dapat membawa pulang pelajaran berharga ini untuk diterapkan di Kabupaten Sidoarjo, agar kita juga bisa mencapai prestasi yang sama, bahkan lebih baik lagi,” ujar Subandi dengan penuh semangat.

Ia mengatakan tema, “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas” mengandung makna peran vital keluarga dalam menciptakan masyarakat yang kuat dan berdaya saing. Dimana keluarga menjadi sumber kekuatan dan inspirasi yang mendorong kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

“Dorongan inspirasi untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa ini, akan kami aplikasikan untuk akselerasi intervensi serentak dalam menurunkan angka stunting menuju zero stunting di Kabupaten Sidoarjo, ” jelasnya.

Selain stunting menurut Subandi, ada hal yang tak kalah penting yakni mewujudkan Kota Layak Anak (KLA). KLA ini sebagai langkah nyata untuk memastikan setiap anak Indonesia, khususnya anak – anak Sidoarjo, mendapatkan hak-haknya dan tumbuh dalam lingkungan yang sehat dan sejahtera.

Dengan penuh harapan dan semangat, Plt. Bupati Sidoarjo berkomitmen, membawa semangat Harganas ini untuk memperkuat peran keluarga dalam pembangunan, demi terwujudnya Indonesia emas yang kita cita-citakan bersama, di Kabupaten Sidoarjo.

Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dan bertukar pengalaman antar daerah, yang diharapkan dapat memperkuat kerja sama dan sinergi dalam membangun keluarga yang berkualitas. Dengan keluarga yang kuat dan berkualitas, kita yakin Indonesia akan semakin maju.

Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31 ini diakhiri dengan berbagai kegiatan dan penampilan budaya yang menunjukkan kekayaan dan keragaman budaya Indonesia, sekaligus mengingatkan kita semua akan pentingnya menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur dalam keluarga. (Aryo)