banner 970x250

Mengenal Sertu Suyanto, Babinsa Atlet Binaraga

Ngawi, – Keinginannya untuk memiliki kondisi tubuh yang bugas dan ideal, mengantarkan Sertu Suyanto yang kesehariannya berdinas di Koramil 0805/14 Bringin, jajaran Korem 081/DSJ, menjadi seorang atlet binaraga.

“Dulu awal latihan fitnes itu tahun 2011. Alasannya karena ingin memelihara kebugaran agar tetap sehat dan membentuk tubuh supaya terlihat stylish atau ideal,” kata Suyanto ditemui di Makoramil 0805/14 Bringin, Kabupaten Ngawi, Senin (1/7/2024).

Setelah 9 tahun berlatih fitnes, barulah di tahun 2020 ia mulai tekun menjadi atlet binaraga dengan mengikuti berbagai kejuaraan body contest hingga sekarang.

Selama 4 tahun menjadi atlet binaraga, prajurit TNI AD yang kesehariannya bertugas sebagai Babinsa di Desa Sumber Bening itu telah berhasil meraih sederet prestasi di berbagai kejuaraan yang pernah diikuti.

“Kalau prestasi ada beberapa, terbaik adalah saat meraih juara II di ajang Pangdam V/Brawijaya Cup tahun 2020. Kemudian ada juga juara III Pangdivif 2 Kostrad Cup tahun 2021,” terangnya.

Ditanya tentang waktu latihan, ia mengaku melaksanakannya secara rutin minimal 3-4 kali dalam seminggu.

Untuk mendukung dan menjaga otot-otot tubuhnya, Suyanto sangat menjaga asupan makanannya dan melakukan diet ketat saat akan mengikuti kejuaraan.

“Menu makan seperti biasa, hanya mengontrol gula, garam, minyak, dan makanan yang terbuat dari tepung-tepung. Kecuali kalau pas akan body contest, persiapannya minimal 2 bulan harus diet bersih,” tandasnya.