banner 970x250

Survei LSPI: Elektabilitas Pasangan Sudirman Zaini-Abdurahman Yusyari Tertinggi di Bungo

Jambi, Nusantarapos – Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) merilis hasil survei terbaru menjelang Pilkada Bungo 2024. Hasilnya, nama Sudirman Zaini dan Abdurahman Yusyari terkuat popularitas dan elektabilitasnya untuk calon Bupati dan Wakil Bupati Bungo. Dua nama ini sangat dominan dibandingkan nama-nama lainnya. Hal tersebut disampaikan Peneliti Senior LSPI, Hasan Mubarok pada sejumlah wartawan, Senin (1/7/2024).

LSPI adalah lembaga survei yang tergabung dalam Asosiasi Peneliti Persepsi Publik Indonesia (Aspeppi). Sejak 2010, secara rutin melakukan survei perilaku pemilih di seluruh Indonesia.

Survei dilakukan pada 19-25 Juni 2024. Populasi survei adalah seluruh WNI di Bungo yang punya hak pilih, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 600 responden Margin of error ± 4.1% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel berasal dari seluruh kecamatan di Bungo yang terdistribusi secara proporsional.

Menurut Hasan, jika Pilkada Bungo diadakan ketika survei dilakukan, mantan Bupati Bungo Sudirman Zaini unggul telak atas lawan-lawannya. Begitu pun untuk posisi calon Wakil Bupati, nama Abdurahman Yusyari juga paling banyak didukung.

“Saat ini, dukungan pemilih untuk Sudirman Zaini jauh di atas yang lain, angkanya 33.7%. Sebaliknya, elektabilitas kompetitornya di bawah 15 persen, seperti Wabup Safruddin Dwi Aprianto (13,5%), Dedy Putra (12%), dan Jumiwan Aguza (7,5%). Bahkan, nama yang lain di bawah 5%,” ujar Hasan.

Begitu pun, saat dilakukan simulasi 5 sampai 2 nama, Sudirman Zaini selalu unggul.

“Sudirman Zaini konsisten mengungguli nama kandidat yang lain. Angkanya berkisar 36,8%-50,1%,” katanya.

Keunggulan Sudirman Zaini, sambung Hasan, ditopang karena popularitasnya yang sangat tinggi.

“Tingkat popularitas Sudirman Zaini sebanyak 86,4%. Dia paling dikenal di Bungo. Wajar karena punya rekam jejak bagus dan dinilai berhasil saat menjabat Bupati Bungo periode lalu,” jelasnya.

Sementara, untuk posisi calon Wakil Bupati, nama Abdurahman Yusyari unggul meyakinkan jika dibandingkan nama lain.

“Abdurahman Yusyari paling dipilih dan dikenal diantara bakal calon Wakil Bupati Bungo. Elektabilitasnya mencapai 25,8%,” kata Hasan.

Jika dilakukan simulasi pasangan, Sudirman Zaini-Abdurahman Yusyari jauh meninggalkan tiga pasangan calon lain.

“Sudirman Zaini-Abdurahman Yusyari paling kompetitif, elektabilitasnya sudah 38,6%. Jauh di atas Safrudin-Maidani 16,3%, Dedy Putra-Rahmat Fadil 15,7%, serta Jumiwan Aguza-Jumari Ari 12,1%. Sudirman-Abdurahman ini paket komplet,” ujarnya.

Jika tak ada blunder politik, Sudirman-Abdurahman diprediksi bisa memenangkan Pilkada Bungo 2024.

“LSPI memprediksi Sudirman Zaini-Abdurahman Yusyari bisa menang di Pemilihan Bupati Bungo. Asal tidak ada tsunami politik, duet ini kita prediksi bisa menang telak nanti,” tutup Hasan. *(rob).