DAERAH  

Antisipasi Mogok Angkot, Pemkot Bandung Kerahkan Puluhan Armada

NusantaraPos – Menghadapi rencana aksi damai Wadah Aliansi Aspirasi Transportasi (WAAT) Jawa Barat pada 8-11 Mei 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan berbagai persiapan. Dinas Perhubungan Kota Bandung menurunkan sejumlah angkutan bantuan untuk mengantisipasi tidak beroperasinya 39 trayek angkutan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Didi Ruswandi menjelaskan, telah menyiapkan 14 unit bus besar yang akan melalui 6 rute dan 8 bus sedang yang akan beroperasi di 7 jalur.

“Kita memprioritaskan rute-rute yang sibuk dan banyak penumpang,” ungkap Didi di Balai Kota Bandung, Senin (7/5/2018) dalam Siaran Pers Humas Kota Bandung.

Tak hanya itu, Perum Damri juga akan meningkatkan frekuensi perjalanan sebesar 20% dari hari normal untuk antisipasi penumpukan penumpang. Sebanyak 32 unit Trans Metro Bandung juga akan beroperasi di 4 koridor.

Selain itu, 37 unit bus sekolah juga akan dioperasikan di 4 rute, meliputi Antapani-Ledeng, Leuwipanjang-Dago, Cibiru-Asia Afrika, dan Cibeureum-Cibiru. Sedangkan 2 Unit bus buruh jurusan Cibeureum-Cibiru juga akan diperbantukan.

Dishub Kota Bandung telah memetakan 25 titik potensial kantung penumpang dengan 10 titik prioritas. Termasuk menginstruksikan 190 pegawai harian lepasnya untuk berjaga di titik-titik tersebut sekaligus membantu pengamanan lalu lintas.

“Alhamdulillah volunteer membantu. Kami sangat terbantu,” imbuhnya.

Tercatat, 112 relawan dari komunitas Bandung Transport Volunteer (BTV) siap membantu mengangkut penumpang di lokasi-lokasi yang dikoordinasikan oleh Dishub Kota Bandung. Ada pula komunitas Sasadu yang telah mendaftarkan 5 volunteernya.

“Inilah khas Kota Bandung. Gotong royong, kolaborasi. Kita persilakan para supir angkot untuk menyuarakan aspirasinya. Tapi jangan sampai masyarakat kehilangan haknya menerima pelayanan lalu lintas,” ujar Didi.

Dishub Kota Bandung memperkirakan, aksi damai akan dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB. Sementara itu, penumpang diprediksi akan berada pada titik terbanyak pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung, Yayan A. Brillyana menambahkan, unsur kewilayahan juga telah menyiapkan armada membantu warga beraktivitas. Kendaraan-kendaraan dinas di kelurahan dan kecamatan siap mengangkut warga yang membutuhkan.

“Seperti yang sudah pernah kita lakukan sebelumnya, semua akan turun tangan membantu warga. Selama kondisi seperti ini, pelayanan publik tetap menjadi yang utama,” tutur Yayan.

Hal tersebut sebagaimana imbauan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Bandung Dadang Supriatna melalui Surat Edaran yang ditujukan kepada seluruh kepala perangkat daerah dan pimpinan Perusahaan Daerah. Di dalamnya, Dadang mengimbau para kepala perangkat daerah untuk menyiapkan armada bantuan.

Oleh karena itu, Yayan mengingatkan kepada warga untuk tetap tenang dan menjaga ketertiban. Yayan juga menyarankan, warga proaktif mencari alternatif transportasi menuju ke tempat tujuannya.

“Silakan akses juga media-media resmi dari Pemkot Bandung, seperti akun Dinas Perhubungan, ATCS, Humas, dan Diskominfo. Kami akan terus memberikan informasi terkini untuk warga,” ucap Yayan. (*)