BERITA  

Walikota Magelang Lakukan Gebrakan Pelayanan Ladusing

MAGELANG, NUSANTARAPOS -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) mengenai peningkatan pelayanan publik.

 

Acara yang berlangsung di Aula Adipura Kencana komplek Kantor Pemkot Magelang ini bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat demi peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan.

 

“Ini juga sekaligus menjadi momentum peluncuran inovasi terbaru Disdukcapil Kota Magelang, yakni Layanan Administrasi Kependudukan dalam Sistem Jaringan (Ladusing), yang dirancang untuk mempermudah akses layanan bagi warga,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Magelang, Sri Mulatsih, Kamis, (17/4/2025).

 

Disebutkan oleh Sri Mulatsih, FKP ini mengangkat tema “no ribet, no calo, nol rupiah, dan nol kilometer“. Empat frasa ini tampak sederhana, namun mengandung makna yang syarat pesan perubahan.

 

Sementara itu, Walikota Magelang Damar Prasetyono didampingi Sekda Kota Magelang Hamzah Kholifi mengatakan bahwa wajah pelayanan publik yang ingin pihaknya hadirkan yaitu mudah, bersih, gratis, dan dekat. Bukan sekadar slogan, tapi sebuah sistem kerja yang harus diwujudkan dengan kesungguhan dan komitmen dari seluruh unsur penyelenggara layanan,” ungkap Damar.

 

“Kami di Pemkot Magelang ini pelayanan ini konteks tata kelola pemerintahan efisiensi, integritas, keadilan akses, dan inovasi pelayanan,” terang Damar.

 

Maka dari itu, FKP ini dinilai penting bagi para stakeholder dan pengguna layanan, untuk menyampaikan masukan, keluhan, maupun aspirasi.

 

Kegiatan ini juga mendukung tagline Walikota Magelang yaitu Membangun Bersama, Melayani Sepenuh Hati, dimana masyarakat dan stakeholder dapat memberikan saran dan masukan secara langsung terkait SOP pelayanan administrasi kependudukan. (Mis)