TMMD  

Pembuatan tanki septik dalam proses pembuatan jamban warga desa Tungka

Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 104 Kodim 1419/Enrekang nampaknya tidak mau menyisakan persoalan pembangunan fasilitas kesehatan bagi masyarakat Desa Tungka, Kec. Enrekang, Kab. Enrekang.

Bersama –sama masyarakat Desa Tungka, Satgas TMMD ke-104 Kodim 1419/Enrekang terus bergotong-royong mengerjakan sasaran fisik Jamban keluarga bagi yang belum punya. Pembuatan jamban sesuai bestek yang ditentukan, ada septic tank yang menjadi syarat utama pembuatan jamban, dengan tujuan tidak mencemari kondisi air tanah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

“Pekerjaan Jamban keluarga di Desa Tungka yang menjadi lokasi TMMD ke-104 ini diharapkan bisa membantu meningkatkan taraf kesehatan bagi warga setempat,” papar Dan SSK, Kapten Czi Rose. Menurutnya, di Desa Tungka ini masih ada masyarakat yang hidup pas-pasan, karena tidak mampu membuat jamban keluarga, sehingga masyarakat memanfaatkan aliran sungai dan kebun untuk kebutuhan BAB. “Dalam TMMD ke-104 ini, akan dibangun Jamban keluarga sebanyak 20 unit dan saat ini pekerjaannya sudah hampir mencapai 100%,” ungkapnya.