TMMD  

Ciptakan hidup sehat di Desa Tungka dengan membangun jamban

Untuk mewujudkan kehidupan warga desa Tungka yang sehat, pembuatan jamban keluarga merupakan salah satu prioritas pembangunan yang dilksanakan dalam program TMMD ke-104 Reguler TA. 2019.

Perilaku hidup bersih sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak diterpa berbagai penyakit. Salah satu penerapan hidup bersih yaitu dengan pembuatan sanitasi jamban keluarga dan memperhatikan air bersih yang digunakan sehari-hari.

Kodim 1419/Enrekang Korem 142/Tatag melalui program TMMD mewujudkan hidup sehat di Desa Tungka Kecamatan Enrekang. “Salah satu tugas pokok insan teritorial adalah mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya,” ujar Kapten Czi Rose, Danramil 1419-02/Enrekang pada saat meninjau ke lokasi pembuatan jamban keluarga.

“Langkah aman untuk menciptakan hidup sehat adalah melalui pengelolaan sanitasi yang aman, salah satunya adalah jamban sehat dengan tanki septik,” ujar Kaposkes Kodim 1419/Enrekang, Pelda Jonathan. “Pembangunan tanki septik juga harus diperhatikan salah satu indikatornya adalah kedap udara baik di samping atau di bawah bangunannya. Jarak antara tanki septik dengan sumber air minimal 10 meter dengan lubang ventilasinya,” ujarnya.