Pelatihan dan Pembekalan P4GN Kodim Jakarta Utara

Jakarta – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara mengajak beberapa Babinsa yang bertugas di daerah daerah rawan narkoba untuk diberikan pelatihan serta pembekalan tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Program P4GN ini sangat penting dan dilihat perlu untuk diberikan kepada para babinsa yang berada di beberapa wilayah atau daerah yang rawan penyalahgunaan Narkoba di wilayah Jakarta Utara. Karena para babinsa ini dalam tugasnya berhadapan dan turun langsung pada masyarakat. BNNK Jakarta Utara memiliki data dan informasi daerah daerah mana saja yang memiliki kerawanan terhadap penyalahgunaan serta peredaran narkoba.

Adapun menurut Kepala BNNK Jakarta Utara AKBP Yuanita Amelia Sari, ada hampir 30 titik lebih daerah atau lokasi yang memiliki kerawanan terhadap peredaran serta penyalahgunaan narkoba, wilayah atau daerah yang disebutkan itu berada atau tersebar di 17 Kelurahan di Jakarta Utara. Wilayah wilayah inilah yg menjadi konsentrasi untuk di lakukan pemberantasaan, pembinaan serta penyuluhan untuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan pembinaan ini berlangsung dengan menghadirkan beberapa narasumber di antara nya Dandim 0502/JU Letkol Arm Arif Rahman Arm S.Sos ,Sat Binmas polres metro Jakarta utara Kompol Yogen dan kepala BNNK Jakarta Utara AKBP Yuanita Amelia Sari. Kegiatan tersebut diadakan di Hotel Sunlake Danau sunter Jakarta Utara pada Kamis, (28/03/2019).

Kepala BNNK Jakarta utara AKBP Yuanita menerangkan bahwa narkoba adalah musuh bersama yang harus kita lawan untuk menyelamatkan anak cucu di masa yang akan datang. “Banyak juga kasus dari lingkungan TNI, POLRI, ASN terkena penyalah gunaan narkoba ” ujar AKBP Yuanita.

Menanggapi masalah penyalahgunaan narkoba dalam lingkungan TNI, Dandim 0502/JU Letkol Arm Arif Rahman Arm S.Sos menjelaskan bahwa setiap triwulan anggota di cek urin, dan jika kedapatan ada anggota yang positif akan dihukum dan dikenakan sangsi sesuai aturan yang berlaku dilingkungan TNI.

Letkol Arm Arif Rahman menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari BNNK Jakarta utara terhadap kodim 0502/JU untuk bersinergi dalam pemberantasan narkoba di wilayah Jakarta Utara. Dandim memerintahkan anggotanya jika menemukan informasi tentang adanya penyalah gunaan narkoba dalam wilayah kerjanya,segera tangkap atau diamankan untuk diserahkan ke pihak kepolisian atau instansi terkait untuk proses selanjutnya karena sekecil apapun informasi yang didapat sangat berguna sekali.

Dalam waktu kesempatan yang sama, Kasat Binmas Polres metro jakarta utara Kompol Yogen memberikan arahannya bahwa penyalah gunaan narkoba harus dibenahi dari lingkungan sendiri.TNI POLRI baik maka masyarakat pasti baik dan sinergitas TNI POLRI harus di jaga,karena ini bukan hanya tugas dari TNI POLRI melainkan tugas kita semua.

Dalam kegiatan pelatihan kali ini, anggota babinsa juga mendapatkan pelatihan pembekalan public speaking oleh Hadi Wijaya dan Tantowi Yahya public speaking school yang bertujuan agar babinsa bisa lebih baik lagi dalam memberikan penjelasan dan arahan kepada masyarakat di wilayah kerja masing masing anggota.

Dari hasil pelatihan P4GN kepada para babinsa diharapkan dapan menjadi kader kader kader atau menjadi penggiat penggiat anti narkoba di lingkungannya bertugas serta menjadi benteng di tengah tengah masyarakat untuk memberantas peredaran dan juga sebagai penyuluh penyuluh yang handal untuk memberikan pengertian serta informasi terhadap bahayanya dari pada penyalahgunaan narkoba. (Myu)