TMMD  

Selain Ditata,Material Jalan Makadam Diperkeras

Tegal – Agar jalan makadam yang ada di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Tegal namapak bagus, di bagian tengah juga dilakukan pengerasan. Yakni dengan diperkeras dengan alat beratdan tumbukan.

Hal ini bertujuan agar, ketika dilewati kendaraan bebean berat mampu menahannya.Dan juga, pengerjaan jalan nantinya tidak mudah rusak

Nampak siang itu, Satgas Pra TMMD 105 Tegal melakukan pengukuran panjang jalan makadam yang akan dilaksanakan di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Tegal. Juga pengerasan dengan dibantu warga sekitar.

Nampak Kopral Kepala, Marsudi memanjangkan tali di sisi badanjalan yang akan di bangun. Tali ukur sepanjang hampir 100 meter itu dibentangkan untuk diambil sisi jalannya. Gunanya, selain agar badan jalan tidak keluar dari ukuran lebar 3 meter, juga untuk melihat sejauh mana pelaksanaan dilakukan.

Hari ini, kegiatan menata material untuk jalan makadam. Yakni batu dan pasir sebagai dasaran jalan makadam. Selain menata,juga dilakukan pengukuran da pembatasan lebar jalan selebar 3 meter. Hal ini ditujukan agar jalan makadam rapi dan tidak keluar dari rencana anggaran dan biaya (RAB) dan batas jalan.

Diketahui, jalan sepanjang 1.668 menuju jalan pertanian tersebut dipenuhi warga yang hendak kerja bakti membantu Satgas TMMD. Sengkuyung saling membantu untuk mengisi wadah dengan tanah urug nampak jelas. Disini peran TNI Manunggal bersama warga sangat kental.

“Selain itu juga pengerasan jalandi bagian tengah dengan menata batu dasaran dan pasir untuk jalan makadam sebelum proses lanjut,” Dandim Tegal, Letkol Inf Richard Arnold YS, Kamis (27/6). (Pendim).