Takut Kecolongan Narkoba Terhadap Pelajar, Polisi Lakukan Razia

Nusantarapos – Tidak seperti biasanya, upacara di sekolah tingkat SMA/SMK di Lumajang pagi ini (Senin, 7 Januari 2019) diambil alih jajaran Polres Lumajang. Kedatangan para abdi negara Polres Lumajang ini adalah untuk mensosialisasikan gerakan anti Narkoba dan milo (miras lokal oplosan) serta anti hoax dikalangan terpelajar Lumajang.
Sontak saja hal ini membuat kaget serta bingung para siswa.

Tidak itu saja, di dalam kelas, para siswa dibariskan dengan rapi dibelakang meja masing-masing sambil berdiri dan juga diharuskan untuk membuka tas mereka.

Para petugaspun menggeledah isi dari barang bawaan seperti buku, wadah alat tulis, hingga bekal mereka pun harus dikeluarkan satu persatu. Kegiatan ini merupakan salah satu tindakan antisipatif para siswa membawa barang yang tidak seharusnya mereka bawa, seperti Narkoba, miras oplosan, senjata tajam, hingga obat-obatan terlarang.

Taufan, salah satu siswa kelas 11 di SMAN 1 Lumajang menuturkan sempat kaget akan razia ini. “Saya kira tadi ada apa, masak iya Polisi disini akan menangkap pengedar obat obatan terlarang yang juga siswa sini. Kan jarang jarang mereka melakukan razia hingga ke kelas seperti ini,” Ujarnya dengan nada kaget.

Dikonfirmasi melalui sambungan telfon, Kapolres Lumajang AKBP. DR. Muhammad Arsal Sahban S.H., S.I.K., M.H., M.M., menerangkan bahwa pihaknya tidak mau kecolongan dengan peredaran Narkoba dikalangan pelajar di wilayah Lumajang.

“Maka dari itu pihak kami harus melakukan tindakan antisipatif sedini mungkin untuk menghalau peredaran di sekolah-sekolah” tegas Arsal yang hari ini berada di Polda Jawa Timur untuk melaksanakan anev tahunan.Tak lupa, petugas juga menuju ke parkiran kendaraan para siswa untuk memantau kendaraan yang tidak layak untuk berkendara termasuk mencari kendaraan yang memasang knalpot brong serta penggunaan ban yang tidak sesuai standar. Namun Petugas berjanji akan menindak tegas jika di masa mendatang tetap menemukan kendaraan yang tidak memenuhi standar yang berlaku.

Untuk hari ini sendiri, ada 22 sekolah setingkat SMA dan setingkat SMP yang didatangi oleh Polres Lumajang serta Polsek jajaran. “Nantinya, kegiatan ini terus dilaksanakan oleh jajaran Polres Lumajang, ” tegaasnya.(KAR)