"
TMMD  

Latih Baris Berbaris Pelajar, Dansatgas TMMD 015 Kronjo Harap Disiplin Pelajar Meningkat

Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa melatih pelajar SMAN 7 Kabupaten Tangerang di Kecamatan Kresek baris berbaris, Senin (29/7/2019).

Latihan baris berbaris itu diikuti puluhan pelajar sekolah tersebut, terutama mereka yang bergabung dengan ekstrakulikuler Pasukan Pengibar Bendera (Paskibara).

Selama berlatih dengan personel satgas TMMD Non Fisik itu, para pelajar diberikan berbagai pengetahuan terkait Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Selain menambah pengetahuan, para siswa yang dilatih prajurit TNI itu terpantau serius melaksanakan berbagai aba-aba yang diucapkan instruktur.

Dikonfirmasi tujuan kegiatan itu, Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD 105 Kronjo Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon mengatakan, TNI terjun ke sekolah untuk melatih baris berbaris sebagai bagian dari program bakti Non Fisik dari program TMMD.

Selain baris berbaris, materi lain yang disampaikan adalah bela negara, kesehatan reproduksi remaja, bahaya penyalahgunaan narkoba, disiplin berlalu lintas, kewirausahaan, psikologi remaja dan media sosial.

“Latihan baris berbaris ini untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan pelajar terkait Peraturan Baris Berbaris (PBB). Para pelajar akan semakin mantap menjadi pelaksana upacara ketika dibekali pengetahuan terkait PBB ini,” ungkapnya.

Selain itu, Parada mengakui, baris berbaris juga sangat bermanfaat untuk membentuk mental dan karakter remaja. Pasalnya, kata dia, segala gerakan yang dilakukan harus disertai sikap penuh konsentarsi dan disiplin.

“Ketika ada aba-aba, semua gerakan harus dilakukan serentak. Artinya, secara psikologis membentuk sikap disiplin pelajar. Sebab, tanpa disiplin, apapun yang kita kerjakan tidak akan berhasil dengan optimal,” tambahnya.

Parada juga meyakini, latihan baris berbaris membentuk karakter remaja menjadi seorang pemimpin. Menurutnya, pemimpin yang baik adalah mereka yang juga mau dipimpin. #Kodim 0510/Tigaraksa.