TMMD  

Ibu ini Berharap Ekonomi Keluarganya Meningkat Usai TMMD 105 Kronjo

Kodim 0510/Tigaraksa tengah membesut program bakti fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo di Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang.

Program tersebut telah berlangsung sejak 10 Juli sampai 8 Agustus 2019.

Beragam kegiatan dihelat, diantaranya bakti fisik, yaitu pengecoran jalan desa sepanjang 1.130 meter dan bedah rumah warga tidak mampu.

Selain itu, juga digelar road show penyuluhan kepada pelajar SMK di Kabupaten Tangerang. Satuan tugas (Satgas) Non Fisik TMMD menyambangi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di 29 Kecamatan.

Kehadiran TMMD telah merubah kondisi di Desa Blukbuk, salah satunya kondisi jalan desa yang lebih baik dari sebelumnya.

Beragam harapan pun dinyatakan warga setempat. Kelompok perempuan (ibu-ibu) yang ditemui awak media, Senin (29/7/2019), menyatakan harapannya masing-masing, salah satunya Ropiah.

Ibu dua anak itu berharap, perekonimian keluarganya meningkat usai TMMD itu digelar. Ia beralasan, karena akan membuka warung untuk menopang ekonomi keluarganya.

“Suami saya cuma kerja serabutan. Saya banyak ngobrol dengan bapak-bapak tentara, cerita terkait kondisi ekonomi keluarga, mereka menganjurkan saya untuk buka warung,” katanya kepada wartawan, Senin (29/7/2019).

Ia menambahkan, ada kendala lain saat akan memulai usahnya itu, yaitu terbentur modal. Namun, ia telah meyakinkan diri akan berusaha mencari solusinya.

“Sebenarnya sih belum punya modal, tapi saya diyakinkan bapak-bapak tentara, yang penting niat saya bulat dulu dan sambil berusaha cari jalan keluarnya,” tambahnya.

Dia mengaku mendapatkan banyak pengetahuan dari personel Satgas, karenanya ia memutuskan untuk berusaha merubah kondisi ekonomi keluarganya.

“Saya harus berusaha, enggak bisa diam diri saja,” imbuhnya.

Mendengar perjuangan Ropiah, Dansatgas TMMD 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon menyatakan dukungannya untuk Ropiah. Kata Parada, kaum perempuan seperti Ropiah menurutnya sangat luar biasa, karena selain berperan sebagai ibu rumah tangga, juga turut membantu suami mencari nafkah.

“Semangat Ibu Ropiah sangat luar biasa, ia pantang menyerah menghadapi kesulitan yang tengah dihadapi keluarganya. Kami yakin, kaum perempuan seperti Ibu Ropiah akan mampu mencapai tujuannya, karena semangatnya luar biasa,” ujar Parada. #Kodim 0510/Tigaraksa.