TMMD  

Persiapan Penutupan TMMD, Kumite Tampilkan Teknik Unik

Tegal – Pertemuan tangan adalah makna harfiah dari Kumite ini dan biasanya teknik ini dilakukan khususnya oleh para karatedo yang sudah berada pada tingkat lanjut, seperti sabuk biru atau lebih. Hanya saja, zaman sekarang ada dojo yang sudah menawarkan pengajaran/pelatihan Kumite pada praktisi sabuk kuning atau yang masih pada tingkat pemula.

Go hon kumite atau kumite yang diatur adalah yang pertama kali dipelajari oleh para karatedo sebelum melakukan kumite bebas atau jiyu kumite.

Untuk aliran kontak langsung atau yang juga dikenal dengan Kyokushin, karatedo perlu membiasakan melakukan teknik ini ketika berada pada tingkat sabuk biru strip. Para karatedo atau praktisi Kyokushin ini boleh melancarkan pukulan maupun tendangan ke arah lawan saat bertanding sekuat tenaga.

Sedangkan bagi aliran Shotokan yang ada di Jepang, teknik kumite ini hanya bagi karatedo yang sudah berada pada tingkat sabuk hitam. Karatedo dalam hal ini diwajibkan mampu menjaga setiap pukulan agar kawan yang menjadi pasangan berlatih dan bertanding tak cedera. aliran Wado-ryu yang menjadi aliran kombinasi dengan teknik yang kita ketahui terdiri dari campuran Jujutsu dan Karate ini, teknik Kumite terdiri dari 2 jenis. Yang pertama adalah persiapan Shiai di mana pelatihannya hanya teknik-teknik yang memang diperbolehkan untuk pertandingan. Kedua adalah Goshinjutsu Kumite di mana di sinilah praktik penggunaan seluruh teknik; itulah mengapa ini juga disebut dengan istilah Kumite untuk bela diri karena jurus Jujutsu seperti kuncian, penyerangan pada titik vital, dan bantingan semuanya termasuk.

Hendrawan (22), salah satu siswa yang ikut berlatih menejlaskan bahwa latihan kali ini buian seperti biasanya. Jurus atraktif akan disajikan sebagai hiburan saat penutupan TMMD nantinya. Perlu adanya kekompakan antara siswa satu dan lainnya. Kekompakan harus dilatih agar gerakan di setiap jurus akan sama. Kesulitannya adalah harus adanya kerjasama dan eksamaan yang baik.

Dengan sering berlatih setiap saat, maka kekompakan akan sedari bisa dilakukan. Untuk biasanya setiap 1 minggu dua kali latihan. Namun untuk kali ini, diirnya serta rekannya harus setiap hari berlatih.

“seacraa maksimal akan kita tampilkan yang terbaik ya. Karena akita akan ditontong oleh jutaan pasang mata, termasauk warga desa, , “ jelasnya Sabtu (27/7). (Pendim).