TMMD  

TMMD, Satgas TMMD Komsos Tentang UKM Pracangan

Tegal- Serda Mursidi yang tergabung dalam Satgas TMMD sedang melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Safiatu (41) warga Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Tegal.

Komsos bertemakan cara suskses berjualan dagangan berskala kecil. Seperti Peracangan, usaha mikro hingga berjualan bahan pokok di rumah. Salah satu trik dam Komsos tersebut adalah dengan emnyediakan segala jenis bahan yang diperlukan oleh warga sekitar. Semisal sembako, minyak, beras, hingga kebutuhan primerdan skunder lainnya.

Harga juga harus bervariatif. Jangan terlalu mengamabil untuk besar. Kalau hanya laku pada hari itu juga, maka ya selanjutnya bisnis akan merugi, akrena tidak ada yang kembali membeli di toko kelontong.

Banyak hal lagi, salah satunya dengan menyajikan bahan jualan dengan higienis. Sebab, kesehatan sangat dipamndang perlu. Pembeli akan kembali membeli dagangannya kalau penjualnya itu bisa menjaga kebrsihan.

“kita juga beri mereka arahan jangan sampai tidak menjaga kebesihan karena itu modal awal yang sangat baku. Jualan juga perlu untung, kalau hanya untung saja dibesarkan ya rugi juga, “ katanya. Sabtu (27/7). (Pendim).