Wakil Ketua BPK Buka Seminar Round Table Discussion Tentang Fraud di Pasar Modal

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Wakil Ketua BPK RI, Prof. Dr. Bahrullah Akbar resmi membuka kegiatan yang diselenggarakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bekerjasama dengan Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) Indonesia Chapter tentang Round Table Discussion di Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK, Kalibata, Jakarta Selatan, Jum’at (2/8/2019).

Kegiatan yang dikemas dalam forum diskusi interaktif tersebut membahas mengenai “Fraud di Pasar Modal”.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para pemeriksa di lingkungan BPK yang mempunyai sertifikasi CFE, para anggota ACFE Indonesia Chapter, serta pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Badiklat PKN BPK.

Dalam sambutannya, Bahrullah Akbar menyampaikan bahwa, kegiatan ini menjadi ajang bertukar pikiran dan pemahaman antara BPK dengan para pemegang profesi terutama yang terkait dengan keuangan.

Ia berharap, pemeriksa BPK mempunyai kemampuan, pengalaman, dan juga pemahaman yang benar terhadap lingkungan strategis Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang go public.

“Di pasar modal, (BPK memeriksa) segala macam kegiatan yang terkait dengan keuangan negara, supaya BPK tidak memberikan rekomendasi yang salah, maka tempat ini menjadi ajang bertukar pikiran dan pemahaman,” ungkap Wakil Ketua BPK.

Round Table Discussion (RTD) merupakan kegiatan diskusi untuk anggota ACFE Indonesia dimana anggota dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai berbagai topik kegiatan anti-fraud yang bersifat teknis.

Selain Wakil Ketua BPK, hadir pada kegiatan ini diantaranya Kepala Badiklat PKN BPK, Hery Subowo, selaku Director of Training ACFE Indonesia Chapter dan Indra Widjaja, selaku Vice President ACFE Indonesia Chapter.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada diskusi ini yaitu Auditor Utama Keuangan Negara VII BPK, Achsanul Khaq dan Komisaris Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO), Hamdi Hassyarbaini, serta bertindak sebagai moderator adalah Director of Organizational Development ACFE Indonesia Chapter, Maliki Heru Santosa.(Red)