TMMD  

Kapendam Jaya: Transportasi Lancar Tingkatkan Pendapatan Rakyat

Pengecoran jalan di Desa Blukbuk, Kornjo, Kab. Tangerang oleh Satgas TMMD Kodim Tigaraksa Kodam Jaya telah rampung pada 4 Agustus 2019.

Jalan yang menghubungkan 4 desa itu, sejak 10 tahun lalu mengalami kerusakan yang cukup parah, sehingga mengganggu kelancara transportasi warga. Di sana sini, paping blok yang menjadi material jalan itu banyak yang hancur. Kini jalan yang dulu juga hasil program TNI (masih Abri Masuk Desa/AMD th 1994), tampak mulus dengan coran semen dan batu.

Kapendam Jaya melalui Wakapendam Letkol Kav Antonius Totok menjelaskan, kondisi jalan Desa Blukbuk sudah bisa digunakan oleh warga, meski belum diresmikan. “Jalan sudah bisa digunakan warga, meski saat ini masih secara terbatas, hingga nanti diserahkan secara resmi oleh TNI kepada Pemda,” jelas Totok, Senin (5/8/19).

Ia mengharapkan, jalan tersebut bisa bernilai ekonomi bagi semua lapisan masyarakat di sekitarnya. “Selain untuk kelancaran transportasi dari dan menuju Desa Blulbuk, jalan ini bisa meningkatkan pendapatan ekonomi setiap warganya,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, saat dirinya berkunjung langsung ke lokasi TMMD itu beberapa hari lalu, menyaksikan langsung peternak setempat yang mengembalakan ternaknya mencari pakan di sekitar jalan yang dicor TNI. “Peternak banyak yang menggunakan jalan itu sambil membawa hewan ternaknya. Bahkan di pinggir pinggir jalan mereka melepas ternaknya untuk mencari rumput sendiri, tentu mereka tetap diawasi,” jelas Totok lagi.

Menurutnya, keberadaan jalan yang sudah bagus ini, menjadi nilai tambah bagi warga, termasuk para peternak di sana. “Harapannya, para peternak lebih mudah mencari pakan, sehingga bisa lebih ekonomis dan otomatis dapat meningkatkan pendapatan mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Susilo (57), warga Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang, yang sehari-harinya sebagai peternak kambing, menyatakan senang, menyusul semua ruas jalan di desanya sudah bagus berkat dibangun TNI. ”Saya senang sekali, dibangun TNI jalanan di Desa Blukbuk, sudah bagus, sehingga saya bisa mencari pakan ternak akan lebih mudah,” ungkap Susilo.

Susilo, berjanji akan merawat jalan yang telah dibangun oleh Tentara itu. “Hampir selama 10 tahun jalan ini rusak baru sekarang jalan ini jadi bagus oleh TNI, kami akan merawatnya, sehingga ekonomi keluarga kami bisa lebih baik lagi,” katanya.