DAERAH  

Viral, Kasun Bulu Ngile Diduga Bermasalah, Dituntut Mundur

Nusantarapos,-masyarakat yang tergabung dalam Forum Bulu Bersatu dari Dusun Bulu Desa Ngile Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, nekat ke gedung DPRD, Selasa (6/8). Mereka menyampaikan aspirasi mengenai pengangkatan Kepala dusun oleh Kades setempat.

Perwakilan massa yang membawa tanda tanggan ini datang ke kantor wakil rakyat di bawah komando Badrul Amali, Ketua Lembaga Bantuan Hukum Cinta Keadilan Semesta

“Mereka hendak menyampaikan aspirasi atas ketidak harmonisan hubungan antara kepala dusun dengan masyarakat. Bahkan sudah hampir selama empat tahun ini, komunikasi antara masyarakat dengan kepala dusun buntu. Mengenai persoalan pengangkatan Kepala dusun oleh kades sudah sesuai aturan namun kenerjanya kasun yang tidak sesuai tupoksinya,” kata Badrul saat ditemui usai melakukan dengar pendapat dengan pimpinan DPRD dan komisi terkait, Selasa (6/8).

Menurut Badrul, sejak Juli tahun 2018 lalu, masa jabatan kasun seharusnya sudah selesai.
“Atas nama masyarakat Dusun Bulu Desa Ngile, kami meminta agar DPRD segera menindak lanjuti aspirasi tersebut. Utamanya kepada bupati agar segera melakukan investigasi atas masalah yang ditengarai menyalahi ketentuan aturan itu,” tandas pengacara berdarah Madura ini.

Tak hanya itu, lanjut Badrul, masyarakat juga menginginkan agar Kasun Jarno mengundurkan diri dari jabatannya. “Kami juga berharap agar Kasun Jarno mengundurkan diri dari jabatany,” terangnya.

Sementara itu ditemui terpisah, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono berjanji akan segera menindaklanjuti aspirasi masyarakat sebelum akhir Agustus nanti. Sebab ia khawatir, persoalan tersebut kalau terus dibiarkan akan memengaruhi kegiatan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan Oktober mendatang.

“Ada tujuh rekomendasi yang akan kami sampaikan ke bupati. Diharapkan masalah itu tuntas paling lambat pada akhir Agustus nanti. Sehingga tidak akan memengaruhi kegiatan Pilkades serentak nantinya,” kata Ronny yang juga berwacana maju di Pilkada Pacitan 2020 mendatang,

Politikus Demokrat ini juga meminta kepada komisi yang membidangi agar secepatnya melakukan kajian-kajian, serta melaporkan perkembangan ke pimpinan DPRD. “Kami juga akan berkoordinasi dengan unsur forkompimcam, tokoh masyarakat, agar selalu menjaga kerukunan dan kondusivitas. DPRD akan menuntaskan masalah ini seadil-adilnya sesuai ketentuan aturan yang ada,” tandasnya. (AW)