DAERAH  

Pemkab Trenggalek Lestarikan Permainan Tradisional

Nusantarapos – Sebagai upaya melestarikan olahraga tradisional serta dalam rangka memperingati Hari Jadi Trenggalek ke-825, Pemkab Trenggalek melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar lomba olahraga tradisional di seputaran Pendopo Manggala Praja Nugraha.

Munif Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dikpora Trenggalek menjelaskan, pelaksanaan kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT RI Ke-74 sekaligus untuk memeriahkan Hari Jadi Trenggalek ke-825.

“Peserta sendiri merupakan seluruh masyarakat Trenggalek mulai dari pelajar dan masyarakat umum. Dengan banyaknya macam olahraga tradisonal yang dilombakan, juga banyak peserta yang mengikutinya,” ungkapnya Jumat (30/8/2019)

Munif juga menuturkan, intinya penyelenggaraan olahraga tradisonal ini untuk melestarikan olahraga milik rakyat yang jika tidak benar-benar dilestarikan akan terlupakan begitu saja, khususnya oleh generasi milenial. Bahkan yang dikhawatirkan anak cucu kita kedepan tidak mengetahuinya. Tak hanya itu, olahraga tradisional diharapkan juga untuk mempererat tali persaudaraan.

Di Kabupaten Trenggalek, pelaksanaan olahraga tradisonal tersebut akan dilaksanakan satu tahun sekali.

“Karena saat ini juga ada merupakan agenda penting milik Trenggalek. Khususnya setiap tahunnya ada piala kemerdekaan dengan kegiatan lomba olahraga. Sehingga kegiatan ini di tetapkan akan dilaksanakan setiap tanggal (30/31/8) agar tidak punah,” ucapnya.

Salah satu peserta Helen Ayu Pradita, siswa SMA Negeri 1 Karangan mengungkapkan serunya mengikuti lomba olahraga tradisional ini. Ia menjelaskan bahwa dirinya mempersiapkan dengan bermain dirumah, antara lain Dagongan tarik tambang, terompah egrang dan lainnya.

“Dalam mengikuti lomba olahraga tradisional terompah kali ini, kesulitannya memang butuh kekompakan tim. Bahkan sebelumnya sudah dilatih dirumah dan sekolah selama dua hari sebelum mengikuti lomba,” imbuhnya. (TAT)