Semakin Meluas, Kebakaran Hutan Gunung Merbabu

Foto : Kobaran api yang semakin membesar terlihat di daerah Sawangan, kabupaten Magelang, sejak pukul 02.40 WIB, Jumat (13/9/19) dini hari. (Budi supriyatno).

NUSANTARAPOS, – Kebakaran hebat terjadi di gunung Merbabu. Kebakaran yang terjadi selama dua hari ini semakin meluas, kejadian tersebut mulai terjadi sejak pukul 19.17 WIB, Rabu (11/9/19) kemarin.

Angin kencang yang menerpa wilayah Kabupaten Magelang, membuat kobaran api semakin membesar dan meluas hingga mendekati pemukiman dusun Malang, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

“Saat ini kami semua Relawan, bersama Tim gabungan kepolisan dan TNI serta sar BPBD dengan di bantu warga sekitar, untuk memadamkan api. Namun, sampai saat ini kamk belum bisa di padamkan, dikarnakan angin yang sangat kencang diwilayah ini,” kata Supriyono Relawan LPBD Kabupaten Magelang saat di hubungi Nusantarapos.co.id, Jumat (13/9/19) dini hari.

Timbulnya api tersebut, lanjut Supriyono, pihaknya belum mengetahui penyebabnya kebakaran hutan di gunung merbabu ini. Dikarnakan, saat itu titik api sudah terlihat dan kemudian membesar.

“Pembakaran itu dilakukan siapa kita belum tau, tapi kita sedang berusaha memadamkan kobaran api ini. Namun, angin malam ini sangat kencang sekali, sehingga kami kesulitan memadamkannya. Sekoga saja bisa di padamkan, biar tidak meluas ke pemukiman,” terangnya.

Awal terjadinya kebakaran itu, lanjut supriyono, diketahui dengan adanya titik api yang terlihat sejak pukul 19.17 WIB Rabu (11/9/19) kemarin, Kemudian pada pukul 22.25 WIB, kamis (12/9/19) kemarin. Hingga saat ini api terlihat semakin membesar hingga merambah ke arah puncak gunung merbabu.

“Sejak kemarin Rabu itu sampai sekarang ini api belum padam. Api malah semakin membesar dan meluas mendekati pemukiman warga sekitar gunung merbabu, hingga sekarang masih kita upayakan pemadaman api,” jelasnya.

Dari pantauan Nusantarapos.co.id di wilayah Sawangan, Kabupaten Magelang. Kobaran api di gunung merbabu memang terlihat membesar dan sangat jelas. Hingga berita ini diturunkan petugas bersama warga masih terus melakukan pemadaman api di lokasi hutan gunung merbabu. (Budi)