TMMD  

Forkompincam Jeruklegi Gelar Rapat Terbatas Persiapan Pembukaan TMMD 106 Kodim Cilacap

Cilacap – Forkompincam Jeruklegi menggelar rapat koordinasi (Rakor) terkait persiapan TMMD 106 Kodim Cilacap yang akan dibuka pada 02 Oktober 2019 mendatang di desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (24/09/2019).

Rakor dipimpin oleh Danramil Cilacap Utara selaku koordinator lapangan, Kapten Inf Taryun beserta Sekretaris Camat Jeruklegi Drs. Eko Haryadi dan diikuti oleh Kasi Pemberdayaan masyarakat
Drs. Susanto, Kasi Trantib Kecamatan Jeruklegi, Sihab dan para Sekretaris desa se-Kecamatan Jeruklegi.

Dalam paparannya Kapten Inf Taryun mengungkapkan, TMMD 106 Kodim Cilacap merupakan salah satu bentuk pengabdian TNI kepada rakyat. Selain itu, merupakan bagian dari upaya membantu Pemerintah Daerah dalam pembangunan kewilayahan. “TMMD bagian dari tugas kami sesuai dengan UU 34 Tahun 2004. Ada 14 item di dalamnya, salah satunya adalah membantu pembangunan pemerintah daerah”, kata Kapten Taryun.

TMMD menjadi aplikasi dari bimbingan teritorial yang mencakup komunikasi sosial, bakti TNI serta pembinaan ketahanan wilayah,” jelasnya.

Menurut Kapten Inf Taryun, koordinasi sebelum pembukaan TMMD 106 Kodim Cilacap ini penting dilakukan untuk memastikan seluruh persiapan sudah dilakukan sebelum pembukaan. Selain itu, sinergitas antara Forkompincam, dan juga pihak-pihak terkait juga harus sudah terjalin.

“Koordinasi harus sudah rampung sebelum TMMD 106 dibuka. Karena kegiatan ini melibatkan banyak unsur, mulai TNI, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten, Polri hingga masyarakat umum. Kami harus berkoordinasi agar kegiatan bisa berjalan lancar,” paparnya.

Lebih lanjut, TMMD 106 Kodim Cilacap, ada banyak hal yang harus kita siapkan, mulai dari route, umbul-umbul, pengerahan anak sekolah guna penyambutan pembukaan TMMD, tempat transit, penerima tamu sampai tempat lapangan upacara.

Untuk itu, kepada seluruh anggota Koramil Kodim Cilacap, Persit, PKK serta unsur terkait lainnya untuk sama-sama mendukung guna suksesnya pembukaan TMMD 106 Kodim Cilacap di desa Cibang.” tandasnya. (*)