Jelang Liburan Akhir Tahun, PT KAI DAOP 6 Yogyakarta Benahi Fasilitas

Foto : Executive Vice President PT KAI DAOP 6 Yogyakarta Eko Purwanto memberikan penghargaan kepada karywan PT KAI Daop 6 Yogyakarta berprestasi pada tahun 2019 pada saat Upacara Peringatan HUT KAI ke-74 di Halaman Balai Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Darman Prasetyo Yogyakarta, Sabtu (28/9). (AKA).

NUSANTARAPOS, JOGYA – Dalam Memberikan pelayanan yang baik pada pengguna Jasa, PT KAI Indonesia (Persero) DAIP 6 Yogykarta akan membenahi sarana dan prasarana demi keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa kereta api.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Executive Vice President PT KAI DAOP 6  Yogyakarta Eko Purwanto seusai melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun PT KAI Indonesia ke-74 di Halaman Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Darman Prasetyo Yogyakarta, Sabtu (28/9).

 

Eko Purwanto mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan sarana dan prasarana (sarpras) yang dibutuhkan oleh para pengguna jasa kereta api pada tahun ini.

 

“Peningkatan sarpras terus kita genjot, agar para pengguna jasa kereta api semakin aman dan nyaman terutama menjelang persiapan liburan akhir tahun,” ujarnya.

 

Eko menjelaskan, untuk saat ini DAOP 6 sedang berkonsentarsi untuk peningkatan sarpras menjelang liburan Natal dan Tahun Baru. Sejumlah peningkatan internal telah mulai dilakukan seperti pembenahan sistem jalur kereta hingga fasilitas layanan di tiga stasiun besar yang masuk dalam wilayah kerja DAOP 6.

 

“Saat ini kami sedang benahi pelayanan di Stasiun Solo Balapan, Lempuyangan dan Stasiun Besar Tugu Yogyakarta dengan target hingga awal Desember 2019 mendatang. Dan yang menjadi fokus kami saat ini adalah perluasan ruang tunggu serta alur keluar masuk para penumpang kereta api,” jelasnya.

 

Pembenahan Stasiun Besar Tugu direncanakan akan menonjolkan karakter Yogyakartanya dimana nantinya ketika para penumpang tiba akan langsung melihat dan merasakan suasana Yogyakarta.

 

Sedangkan untuk rangkaian kereta Eko Purwanto menuturkan, DAOP 6 sedang merampungkan pembenahan terhadap sejumlah kereta jarak pendek Komuter Prambanan Ekspres (Prameks).

 

“Saat ini sudah ada beberapa kereta Prameks masuk ke Balai Yasa untuk dilakukan pembenahan, baik dari segi pengaman hingga fasilitas eksterior dan interior penunjang didalam kereta,” tutur Eko.

 

Pada peringatan HUT KAI ke 74 ini, DAOP 6 Yogyakarta melaksankan dua kegiatan yaitu internal dan eksternal. Untuk eksternal, DAOP 6 Yogyakarta telah melakukan rangkaian sosialisasi keselamatan kepada sejumlah sekolah dan kelompok masyarakat serta pemberian bantuan pada panti sosial.

 

Peringatan HUT PT KAI Indonesia (Persero) ke-74 tahun ini mengangkat tema “Kereta Api Bersatu Indonesia Maju”. Harapannya dengan peningkatan PT KAI dapat menyatukan seluruh daerah yang ada di Indonesia. (AKA)