TMMD  

Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap Juga Bina Remaja Desa untuk Tangkal Radikalisme

Cilacap – Ditengah-tengah kesibukkan mengerjakan sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap yang dilaksanakan di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Satgas TMMD masih melakukan edukasi dan pembinaan terhadap pemuda dan remaja desa.

Sertu Mulyono, Anggota Satgas TMMD mengumpulkan sejumlah Pemuda dan Remaja Desa Cilibang untuk diberikan arahan tentang tindak radikalisme pada Jumat (11/10/2019) siang .

“Kalian adalah pemuda dan remaja yang hebat. Jauhi radikalisme ya. Cintailah bangsa dan Negara Indonesia ini. Karena kita hidup dan tumbuh di bumi, tanah dan air Indonesia,” jelas Sertu Mulyono.
Dia juga memaparkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan kaya akan keberagaman.

“Kita harus bangga menjadi bangsa yang besar ini. Pancasila adalah Dasar Negara. Pancasila tidak ada tandingannya di dunia ini,” tegas Sertu Mulyono.

Pada bagian lain dia juga menyinggung soal toleransi antar agama, antar suku dan antar perbedaan yang ada. “Saling hargai sesama warga negara, saling hormati perbedaan diantara kita. Karena Pancasila adalah dasar negara. Dalam lima sila sudah komplit dijelaskan,” ucapnya.

Dia juga menyisipkan pesan moral kepada para remaja dan pemuda desa setempat agar selalu menghormati para pahlawan yang telah mengukir kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Diakhir dialog, Sertu Mulyono meminta kepada remaja dan pemuda untuk selalu menghormati kedua orang tua mereka. “Hormatilah orang tua kalian. Dan juga hormatilah orang-orang yang lebih tua dari kalian,” pinta Sertu Mulyono.

Lalu remaja dan pemuda desa itupun menjawab dengan kompak. “Siap, Ndan,” jawab mereka kompak.

TMMD 106 Kodim Cilacap tak saja menyasar pembangunan fisik di Desa Cilibang, namun juga memberikan pembangunan non fisik kepada masyarakat. (**)