TMMD  

Akrab, Anggota Satgas TMMD ke 106 Dengan Warga Desa Sooko

Ponorogo,- “Awalnya kami masih merasa canggung bergaul dengan warga Dusun Dalangan Desa Sooko ini. Namun setelah kira-kira tiga hari kami berada di sini, kami telah akrab dan saling bertukar pengalaman,” demikian Serda Inal menuturkan saat beristirahat bersama di sela-sela pengerjaan rabat jalan sasaran TMMD ke 106 Kodim 0802/Ponorogo di RT 02 RW 03 Dusun Dalangan Desa Sooko, Sabtu (12/10/2019).

Dalam obrolan pagi mereka ini, Serda Inal mencaritakan pengalamannya melaksanakan tugas pengamanan, karya bakti maupun latihan di berbagai wilayah di Jawa Timur. Sementara itu, masyarakat Desa Sooko menuturkan tentang berbagai kegiatan adat di wilayah Desa Sooko antara lain, pagelaran Reyog, pertunjukan Jaran Thek maupun tempat-tempat bersejarah di Desa Sooko.

“Setiap satu bulan sekali warga Desa Sooko ini menggelar kesenian Reyog Obyog di Kantor Desa maupun di rumah warga, hal ini dilakukan untuk melestarikan kesenian Reyog Ponorogo,” demikian Slamet (68 tahun) warga RT 02 RW 03 Dusun Dalangan.

Sementara itu, Ahmad (35 tahun) yang juga warga setempat menunjukkan arah makam Ki Hiromenggolo pendiri Desa Sooko sebagai salah satu tempat yang penting bagi masyarakat Desa Sooko. Obrolan saling berbagi pengalaman ini berlangsung sepanjang waktu istirahat pagi hingga pengerjaan rabat jalan dilanjutkan kembali.(Mdc0802)