TMMD  

Pemasangan Kuda-kuda RTLH Bapak Riyono kini dikerjakan pada TMMD 106

Konstruksi kuda-kuda ialah suatu susunan rangka batang yang berfungsi untuk mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri dan sekaligus dapat memberikan bentuk pada atapnya.

Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Umumnya kuda-kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang. Minggu (27/10/19)

Kuda-kuda kayu digunakan sebagai pendukung atap dengan bentang maksimal sekitar 12 m. Pada dasarnya konstruksi kuda-kuda terdiri dari rangkaian batang yang selalu membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk penutupnya, maka konstruksi kuda-kuda satu sama lain akan berbeda, tetapi setiap susunan rangka batang harus merupakan satu kesatuan bentuk yang kokoh yang nantinya mampu memikul beban yang bekerja tanpa mengalami perubahan.
Kuda-kuda diletakkan di atas dua tembok selaku tumpuannya. Uraian di atas diterapkan dan dikerjakan pada pemasangan kuda-kuda RTLH bapak Riyono pada program TMMD 106 Kodim 0818 yang saat ini dalam proses pengerjaannya oleh satgas TMMD 106. (Pendim 0818)