TMMD  

Denah Pembangunan Jalan TMMD Reguler Cilacap

Cilacap – Sasaran utama dari program TMMD 106 Kodim Cilacap di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, adalah pembangunan makadam Jalan Beber dan Jalan Arjuna, dilanjutkan peningkatannya dengan pengaspalan sepanjang total 900 meter dan lebar 2,5 meter.

Untuk memaksimalkan usia pakai, juga dibangun fasilitas penunjang jalan lainnya yang meliputi pembuatan TPT (Tanggul Penahan Tanah) di kanan kiri jalan yang rawan longsor sepanjang 120 meter, gorong-gorong plat deker sebanyak 5 unit serta perbaikan 1 unit leneng (buk/pembatas jembatan kecil) dan pembangunan leneng baru 1 unit.

Jalan Usaha Tani (JUT) ini telah rampung dan direncanakan akan diresmikan Kasdam IV Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, mewakil Pangdam, saat upacara penutupan TMMD di Lapangan Dukuh Cironeng, Cilibang pada 31 Oktober 2019 ini.

Akses ini dipilih menjadi sasaran program karena perannya sangat vital bagi mayoritas warga yang berprofesi sebagai petani dan buruh tani, dalam memangkas biaya angkut hasil bumi untuk dijual ke kota.

Akses dulunya hanya jalan setapak dan sulit dilalui khususnya jika musim penghujan.

Kini dengan selesainya pengaspalan hotmix, jelas akan sangat menguntungkan 816 KK penghuni Cilibang khususnya serta warga masyarakat sekitarnya dalam berbagai kegiatan perekonomian.

Inilah gambaran sederhana yang menunjukkan lokasi pembangunan TMMD 106 Kodim Cilacap untuk memberikan gambaran dan memudahkan seseorang dalam mengaksesnya. (Aan)