Kasdim Hadiri Sosialisasi Publik Pelaksana Early Work Pembangunan Proyek RDMP Cilacap

Cilacap – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian hadiri Sosialisasi Publik Pelaksana Early Work Pembangunan Proyek Refinery Development Master Plant (RDMP) Cilacap PT. Pertamina RU IV Cilacap Tahun 2019 yang di Gedung Patra Graha Jln. MT. Haryono Cilacap, Kamis (5/12/19).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Cilacap Drs. Farid Maruf, ST, MM, Koordinator Proyek RDMP PT. Pertamina RU IV Cilacap Ari Dwi Koranto, Kepala Kesbangpol Cilacap Drs Sadmoko Danardono, Kasek PT Pertamina RU IV Cilacap Harpolo, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Cilacap Wasi Aryadi, Pimpinan OPD, para Camat dan Lurah dari Cilacap Tengah, Cilacap Utara dan Cilacap Selatan serta Tokoh Masyarakat.

Diawal sambutannya, Sekda Kabupatan Cilacap mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengkoordinasikan berbagai hal terkait sosialisasi Early Work Pembangunan RDMP PT. Pertamina RU IV Cilacap, sebagai salah satu upaya untuk membantu kemandirian Energi Nasional, khususnya pemenuhan kebutuhan BBM Nasional dan penghematan devisa dari penggunaan import BBM.

Melalui proyek ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Cilacap dalam penciptaan lapangan kerja, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), peningkatan perputaran ekonomi lokal dan peluang usaha.

” Secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas rencana proyek ini, karena selain merupakan salah satu proyek strategis nasional sebagaimana ditetapkan dalam Perpres No. 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, melalui proyek ini diharapkan dapat semakin meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Cilacap, ” Kata Drs. Farid Ma’ruf.

Dengan semakin besarnya operasional PT. Pertamina (Persero), Farid berharap, akan semakin meningkatkan peran serta atau kontribusi nyata dalam pembangunan wilayah Kabupaten Cilacap, sehingga Cilacap akan semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera.

” Apabila hal tersebut dapat terwujud, maka dengan adanya proyek ini benar-benar merupakan kegiatan yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.” Tandasnya.

Diakhir sambutannya, Sekda Drs Farid Ma’ruf membuka langsung kegiatan Sosialisasi Publik Pelaksana Early Work Pembangunan Proyek Refinery Development Master Plant (RDMP) Cilacap PT. Pertamina RU IV Cilacap Tahun 2019.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan sosialisasi ini di moderatori Kasi Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Cilacap Wasi Aryadi, yang juga menghimbau kepada seluruh yang hadir agar setelah kegiatan ini selanjutnya dishare, disebarluaskan kepada masyarakat tentang bagaimana RDMP ini sampai tiba di Cilacap, mengapa perlu dibangun dan bagaimana dampaknya.

” Dan ujungnya, kita semua memberikan dukungan, suport agar proyek strategis nasional yang sudah ditetapkan Pemerintah ini dapat berjalan dengan kondusif, aman dan didukung oleh seluruh lapisan masyarakat,” tegasnya.

Pada sosialisasi ini, Koordinator Proyek RDMP PT. Pertamina RU IV Cilacap Ari Dwi Koranto, memaparkan perencanaan pembangunan RDMP dimana Cilacap merupakan salah satu yang dipercaya pemerintah dalam proyek nasional ini. Di Indonesia ada 4 RDMP dan 2 GRR yang akan dibangun yaitu RDMP Dumai, Balongan, Cilacap dan RDMP Balikpapan. Sedangkan untuk GRR yaitu GRR Tuban dan GRR Bontang.

Pembangunan 4 RDMP dan 2 GRR ini diharapkan akan meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional serta memperkuat keberlangsungan bisnis hilir Pertamina. Selain itu dipaparkan tentang landasan proyek RDMP, kerjasama, Layout unit-unit utama proyek RDMP RU IV Pertamina, Layout pembangunan Sea Water Intake (SWI).