Kapolri Lantik Wakapolri dan 3 Kapolda

JAKARTA – Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin upacara setijab Wakapolri dan 3 Kapolda baru di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Hal itu berdasarkan surat telegram rahasia bernomor ST/3330/XII/KEP./2019 tertanggal 20 Desember 2019.

Pada surat telegram tersebut, Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono diangkat sebagai Wakapolri. Gatot menggantikan Komjen Ari Dono Sukmanto yang memasuki masa pensiun.

Selain Wakapolri, Kapolri juga menyerahkan jabatan untuk 3 kapolda baru. Ketiganya yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana, Kapolda Banten Irjen Agung Sabar Santoso dan Kapolda NTB Irjen Tomsi Tohir.

Upacara diawali dengan pengucapan sumpah yang dibacakan oleh Kapolri dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

“Demi Allah saya besumpah bahwa saya akan setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila, dan UUD RI tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Kapolri.

Posisi Kapolda Metro Jaya dijabat oleh Irjen Nana Sudjana. Sebelumnya, Nana diketahui menjabat sebagai Kepala Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir mengisi jabatan yang ditinggalkan Nana sebagai Kapolda NTB.

Kapolda Banten dijabat oleh Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri Irjen Agung Sabar Santoso. Kemudian, Karo Renmin Bareskrim Polri Irjen Hendro Sugiatno ditunjuk sebagai Asrena Kapolri. (Dre)