DAERAH  

Kadis Kominfo Lampura Buka Sosialisasi FGD “Satu Data Indonesia”

Lampung Utara, Nusantara Pos – Plt. Bupati Lampung Utara (Lampura) diwakili Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sanny Lumi, membuka pelaksanaan acara Focus Group Discussion (FGD) ‘Satu Data Indonesia’ Statistik Sektoral Kabupaten Lampura Tahun 2020 di Ruang Siger Pemerintah Kabupaten setempat. Kamis (20/2/2020).

Pantauan media ini, kegiatan tersebut dihadiri oleh Para Kepala OPD dan Para Camat, sedangkan narasumber pada FGD ini adalah Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lampura dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS).

Dalam sambutan Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, mengatakan Satu Data Indonesia sangat dibutuhkan. Mengingat masih banyaknya ketidak sesuaian atau tidak sinkronnya data kependudukan antara yang satu dengan lainnya.

“Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil menghitung penduduk berdasarkan KTP dan NIK yang ada, sedangkan Badan Pusat Statistik mencatat penduduk dengan melakukan pendataan lapangan dalam kurun waktu tertentu,” kata Sanny.

Perbedaan metode, sambung Sanny tentu menghasilkan data yang berbeda yang menjadi alasan mengapa terjadi masalah terhadap data penduduk.

“Perbedaan data mensyaratkan perlunya satu data kependudukan. Urgensi tentang pentingnya data terkait dengan cita-cita Indonesia untuk mewujudkan identitas tunggal sebagaimana dimandatkan oleh undang-undang,” ujarnya. (RH)