Bendera Merah Putih Raksasa Hiasi Hastono Genthong Sambut HUT RI

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Daerah tempat wisata yang terletak di Desa Dadapan Kec. Pringkuku di ketinggian “Gunung Karang”  dan bernama “Hastono Genthong”  yang artinya Ruang atau Istana yang berbentuk seperti Genthong, belum lama di pugar sehingga menjadi tempat yang mulai dikunjungi wisatawan.  Pemandangan jantung Kota dan Laut Pacitan pun jelas terlihat dari Hastono Genthong.

Pada moment HUT RI ke 75 ini,  tempat tersebut bahkan tak luput dari perhatian Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol. Inf. Nuri Wahyudi,  Minggu (17/8/2020). Ia menyampaikan, ” Pada hakekatnya pelaksanaan pengibaran bendera raksasa berukuran 18m x 27m di Hastono Genthong yang diprakarsai oleh Kodim 0801 Pacitan adalah dalam rangka menyambut dan merayakan HUT Kemerdekaan RI yang ke 75. Dengan pengibaran Bendera Merah Putih  Raksasa ini diharapkan semua semakin cinta tanah air dan selalu mengobarkan semangat  Merah Putih dimanapun berada. Karena di dalam Merah Putih ada jati diri, kehormatan, persatuan dan Kedaulatan Bangsa dan NKRI.”

 

Pengibaran bendera raksasa tersebut jga melibatkan TNI, Polri, Veteran, Purnawirawan, Birokrat, Mahasiswa, Pelajar dan Masyarakat sebagai simbol persatuan sekaligus bahwa kemerdekaan RI yang dimiliki saat ini merupakan hasil perjuangan dari pendahulu-pendahulu atas berkah rahmat Allah SWT.

“Secara estafet, dalam mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan dari pendahulu-pendahulu kita, harus kita lanjutkan dan selalu dipersiapkan untuk generasi muda selanjutnya. Kalau ada pertanyaan mengapa di kibarkan di Hastono Genthong? Jawabnya adalah Agar terlihat dari Kota Pacitan sambil mempromosikan keindahan alamnya,” ujarnya.

Dirinya, sebagai Komandan Kodim 0801/Pacitan berharap dalam HUT RI ke 75 ini, generasi muda untuk tetap berkreasi meskipun masih di masa pendemi, bersatu padu dan selalu Optimis dalam menunjukkan bahwa Indonesia bisa. (MJ)