Dian Sastro dan para Alumni Sampaikan Harapan kepada Mahasiswa UI Agar Terus Berkarya

Depok, Nusantarapos – Bertempat di Kampus UI Depok, Dian Sastrowardoyo, Alumni Universitas Indonesia bersama mahasiswa yang diwakili oleh Perwakilan Paguyuban dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bersama-sama secara simbolik menyampaikan harapan di Hari Kemerdekaan RI ke-75 agar para mahasiswa UI dapat terus berkarya Untuk Indonesia (UI) melalui dua video berdurasi 2 dan 3 menit.

“Biarpun bumi berguncang, Kau Tetap Indonesia-ku. Andaikan Matahari Terbit Dari Barat, Kaupun Indonesiaku. Tak Sebilah Pedang yang Tajam, dapat Palingkan Daku Darimu,” ujar Dian Sastro dalam puisi yang dibawakannya khusus sebagai alumni UI, Untuk Indonesia dalam rilis yang diterima Nusantarapos, Senin (17/8/2020).

Video ini melibatkan UKM UI, yang tahun ini telah berjumlah menjadi 60, dan akan terus bertambah. UKM di UI tidak hanya akan menjadi ruang bagi penyaluran bakat, minat dan keinginan membangun jaringan di kalangan mahasiswa, namun, UI akan menjadikan UKM sebagai salah satu wadah implementasi Program Merdeka Belajar.

“Aktivitas ektrakulikuler di UKM, akan dapat diperhitungkan untuk dikonversi menjadi SKS kelulusan seorang mahasiswa di UI,” ujar Rosari Saleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI.

“Kegiatan di UKM akan menjadi sarana nyata pembentukan Soft Skills mahasiswa. Pendidikan yang tidak hanya mengedepankan pengembangan kognisi, namun juga afeksi dan psikomotorik, akan memiliki ruangnya melalui kegiatan di UKM. UKM yang siap menjadi UKM Merdeka Belajar, akan memiliki kurikulum dan penilaian SKS, untuk memenuhi pembelajaran mahasiswa di luar program studi masing-masing,” tambah Rosari Saleh yang akrab di panggil Oca.

Pandemi Covid tidak menjadi tantangan bagi para mahasiswa UI untuk terus berprestasi dan berbakti kepada negeri melalui torehan medali dan aksi memberi kepada masyarakat baik secara individu maupun melalui Unit Kegiatan Mahasiswa, yang dalam video diwakili oleh Resimen Mahasiswa (Menwa), Mapala, E-Sport, Motorsport, Geradasi Warna, Fact Checker, Liga Tari, Madah Bahana, AIESEC, Maven Pro, Super Mileage Vehicle (SMV), Hydromodelling Technology and Workshop (HTW), Nuansa Islam, Keluarga Mahasiswa Hindu Dhrama, Radio Telekomunikasi Cipta (RTC), Suara Mahasiswa (SUMA), KSM Ekaprasetya, Korps Mahasiswa Antikorupsi (Kosmik), Berkuda, Aquatic.

“Selama masa pandemi Mahasiswa UI telah mencatatkan kurang lebih 66 medali dari kompetisi Internasional dan Nasional; 45 aksi sosial yang terbagi atas 7 kategori aksi yaitu Relawan Kesehatan, Hotline psikologi, pembuatan aplikasi, pembuatan alat perlindungan diri dan hand sanitizer, produksi informasi positif tangkal hoax, bantuan sosial kepada masyarakat berupa sembako; dan penggalangan dana untuk masyarakat,” seru Rosari Saleh.

“Di Bulan Agustus, menjelang perayaan Kemerdekaan RI, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) menyelenggarakan 8 (delapan) pelatihan Soft Skills Digital secara maraton bekerjasama dengan Kominfo, DPR RI dan Siberkreasi, yang menghadirkan para Ahli Digital, Wakil Pemerintah, Parlemen dan Selebritis seperti Christian Sugiono, Ernest Prakarsa, Hesti Purwadinata, Jessica Mila, Melanie Ricardo, Ayushita, Zeezee Shahab, Fathia Izzati,” tutup Devie Rahmawati selaku Direktur Kemahasiswaan UI. (Rilis)