Peduli Pandemi, Perwira Serdik Sespimmen Suryo Hutomo Lakukan Donor Darah

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id – Kepedulian untuk membantu sesama di tengah Pandemi Covid-19 bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan mendonor darah untuk membantu sesama.

Seperti yang dilakukan seorang anggota Polisi Polda DIY yang sekarang sedang menempuh pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (SESPIMMEN) Lemdiklat Polri di Lembang, Serdik Suryo Hutomo, SIK, MH.

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret lalu melumpuhkan berbagai aktivitas masyarakat, termasuk kegiatan yang ada di lingkungan SESPIMMEN Lemdiklat Polri.

Bahkan, wabah Covid-19 juga membuat seluruh siswa SESPIMMEN Angkatan 60 terpaksa harus mengikuti kegiatan belajar melalui daring dan tetap berada di rumah masing-masing.

“Sejak April lalu saya belajar dari jarak jauh melalui online,” kata Serdik Suryo Hutomo SIK MH kepada Nusantarapos, Rabu (2/9).

Suryo menjelaskan, meskipun belajar jarak jauh atau online, namun dirinya tetap antusias mengikuti seluruh pembelajaran yang disampaikan para dosen.

Bahkan, disela-sela tidak ada pembelajaran dan senggang dirinya melakukan aktivitas produktif seperti membaca, olah raga, dan aktivitas lain untuk menjaga kebugaran tubuh.

“Saya juga melakukan donor darah. Sejak Maret sudah 2 kali melakukan donor darah. Pertama di Bandung, kedua di Kebumen tempat kelahiran saya,” jelas mantan Kasatlantas Polresta Yogyakarta ini.

Menurut Suryo, donor darah dilakukan bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Apalagi, usai melakukan donor badan terasa segar dan bugar. “Setelah donor badan jadi ringan,” tuturnya.

Selama mengikuti donor darah, dirinya dan petugas lainnya selalu menjalankan protokol kesehatan. Yakni, cuci tangan, mengenakan masker, dan jaga jarak dengan pendonor yang lain.

“Sebelum proses pengambilan darah, kondisi kesehatan dicek dan setelah semuanya aman dan dinyatakan sehat, baru dilakukan pengambilan darah oleh petugas medis yang lengkap menggunakan alat pelindung diri (APD),” ungkapnya.

Suryo berharap, dengan donor darah ini dapat bermanfaat bagi orang banyak karena saling membantu di masa pandemi bisa dengan cara apa saja.

“Semoga apa yang saya lakukan ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Ini sumbangsih saya kepada masyarakat di masa pandemi seperti sekarang,” harapnya.