BUDAYA  

Wabub Lumajang Hadiri Upacara “Nglampet Sumber Kali Nah”

Lumajang, Nusantarapos – Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menghadiri upacara “Nglampet Sumber Kali Nah” di Desa Kalisemut. Upacara adat tersebut, dalam rangka Selamatan Desa atau Sedekah.

Nglampet Sumber merupakan peninggalan dari nenek moyang terdahulu, tradisi itu digelar masyarakat sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan, karena sumber tersebut selalu mengairi sawah masyarakat disekitar sumber.

Menurut Bunda Indah, tradisi Nglampet dapat dijadikan sebagai bentuk pelestarian sumber mata air yang ada di Kabupaten Lumajang, karena sumber air tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai sumber kehidupan. Oleh karena itu, masyarakat harus bisa menjaga kelestarian sumber mata air dengan harapan hasil pertanian di Lumajang semakin melimpah.

“Saya sangat senang melihat Kepala Desa dan warganya yang semangat dalam melestarikan sumber mata air, karena sumber mata air itu sangat penting. Dengan begitu, maka saya harap masyarakat itu harus bisa menjaga kelestarian mata air yang ada,” ujarnya.

Disamping itu, Bunda Indah mengajak Kepala Desa dan masyarakat Desa Kalisemut agar dapat membuat sumur resapan yang berguna untuk menangkap air ketika hujan turun, sehingga air hujan tersebut tidak akan terbuang percuma. Ia juga tertarik dengan lahan persawahan yang menggunakan terasiring pada kontur tanah yang miring, karena saat hujan turun maka tanah persawahan tidak akan tergerus oleh air.

Sementara itu, Kepala Desa Kalisemut, Ageng Pribadi mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Lumajang yang sudah berkenan hadir dalam upacara Nglampet Sumber Kali Nah di Desa Kalisemut. Ia menjelaskan, masyarakat Desa Kalisemut mayoritas bermata pencaharian sebagai petani sehingga tradisi tersebut nantinya akan digelar setiap tahunnya.

Usai mengikuti upacara Nglampet Sumber Kali Nah, Bunda Indah juga menyempatkan untuk melepas burung merpati di halaman Kantor Kepala Desa Kalisemut. Pelepasan burung tersebut dijadikan sebagai tanda dimulainya acara Sedekah Desa Kalisemut.(naf)