Deklarasi Caketum PB, KH M Zen Akan Tingkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan Mathla’ul Anwar

Tangerang Selatan, Nusantarapos – Organisasi dakwah dan pendidikan Mathla’ul Anwar (MA) yang berdiri pada tahun 1916 menegaskan perannya untuk menata ummat dan merekatkan keutuhan bangsa.

“Sejak didirikan 105 tahun yang lalu, MA tidak pernah lelah melakukan pembinaan ummat melalui pendidikan, dakwah, dan kegiatan sosial,” kata KH Mohammad Zen pada acara Deklarasi Pencalonan Ketua Umum Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA) di Tangerang Selatan, Jumat (19/3/21).

Lebih lanjut Kyai Zen menjelaskan, Organisasi keagamaan yang didirikan oleh KH Mas Abdurahman dan kawan-kawan di Banten itu saat ini sudah merambah ke-32 provinsi dan mengelola sekitar 2.000 lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar, menengah, sampai perguruan tinggi.

“Kami ingin memperkuat, meningkatkan peran, dan memperluas jangkauan organisasi MA di masyarakat, antaralain dengan memperbanyak lembaga pendidikan. Dalam 5 tahun ke depan, MA insya Allah akan membangun 5 perguruan tinggi baru,” jelasnya.

MA akan menggelar Muktamar ke-20 pada tanggal 1-3 April 2021 di Puncak, Bogor. Karena dalam situasi pandemi, Muktamar kali ini hanya akan dihadiri oleh sekitar 150 peserta termasuk unsur Pengurus Besar (PB), Pengurus Wilayah (PW) dari 32 provinsi di Indonesia, serta panitia. Menurut rencana, event lima tahunan ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo seperti yang terjadi pada Muktamar ke-19 tahun 2015 di Pandeglang, Banten.

KH Mohammad Zen mengakui bahwa lembaga-lembaga pendidikan yang berada di bawah organisasi keagamaan Islam secara umum masih tertinggal dibandingkan dengan lembaga pendidikan lain termasuk sekolah atau perguruan tinggi negeri. “Karena itu meningkatkan kualitas lembaga pendidikan adalah sebuah keniscayaan. kami akan fokus ke situ,” jelasnya.

Mathla’ul Anwar yang telah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia dan memiliki beberapa perwakilan di luar negeri telah menghasilkan jutaan alumni yang mengisi berbagai posisi penting di masyarakat. (Ghobriz)