Dishut Provsu Gelar Penyuluhan Dampak Kebakaran Hutan di Lokasi TMMD ke 110 Kodim 0213/Nias

  • Bagikan

Kepulauan Nias, Nusantarapost – Kepala Seksi Perlindungan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat UPT Dishut Provinsi Sumatera Utara Wilayah Gunungsitoli KPH XVI F. Zamili mengatakan, penyuluhan tentang dampak dari kebakaran hutan sangat penting, masyarakat menjadi tau dari tidak tahu. Menurutnya, kegiatan penyuluhan dari program TMMD salah satu cara untuk mengantisipasi.

Hal ini disampaikan oleh F. Zamili di Desa Loloanaa Lolomoyo saat memberikan materi Kebakaran Hutan kepada peserta di Aula SMP N 3 Gunungsitoli Utara, Rabu (24/3/2021)

“Penting sekali untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan dampaknya, salah satu cara untuk mengantisipasi. Harapan kita dengan sudah melaksanakan penyuluhan kebakaran hutan dan lahan pada kegiatan TMMD ini, maka semakin luas informasi tentang dampak dari kebakaran hutan dan lahan, melalui sosialisasi ini masyarakat dari tidak tau menjadi tau, menyadartahukan dampak dengan kerugian besar yang diakibatkan oleh kebakaran hutan, masyarakat semakin tahu ke depan ketika mereka membuka lahan pertaniannya tidak lagi melakukan membakar sembarangan tetapi melakukan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB). Ujar F. Zamili
Ia melanjutkan dengan pelibatan dari Dishut Provinsi Sumatera Utara melalui kegiatan penyuluhan kepada masyarakat ia sangat mengapresiasi yang merupakan sinergitas pelibatan lintas sektoral dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan TMMD di wilayah Pulau Nias.
“ Terima kasih dan sangat Apresiasi kepada Kodim 0213/Nias yang telah melibatkan kami, sinergi melalui penyuluhan kebakaran hutan dan lahan. Kami dari UPT KP XVI Wilayah Gunungsitoli Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara turut menyampaikan sosialisasi atau penyuluhan pada kegiatan TMMD tahun 2021 di wilayah Pulau Nias. Tutupnya

Ditegaskan oleh Danrem 023/KS Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang,SH.MM pada kunjungannya di lokasi TMMD Selasa (2/3/21) kegiatan TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 0213/Nias meliputi sasaran fisik dan sasaran non fisik dan salah satu penyuluhan yang diberikan kepada masyarakat tentang antisipasi dampak dari kebakaran hutan.

“Kegiatan TMMD ini rutin dilaksanakan oleh TNI AD di seluruh Indonesia, khusus Kodim 0213/ Nias tahun ini, melaksanakan pembukaan badan jalan sejauh 6000 M yang menghubungkan antar desa, tentunya ini sangat memberikan dampak yang besar bagi masyarakat, memudahkan transportasi, ekonomi, anak-anak sekolah yang mudah sampai ke tempat pendidikan, disamping itu ada kegiatan non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat,” tandasnya. (Arozatulo)

  • Bagikan