HUKUM  

Luhut Binsar Hadiri Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Strategi Nasional di KPK

Jakarta, Nusantarapos – Menko Marinvest Luhut Binsar Panjaitan di dampingi oleh Ketua KPK Firli gedung KPK, Jakarta, untuk menghadiri acara peluncuran aksi pencegahan korupsi Strategi Nasional (Stranas) KPK 2021-2022, Selasa (13/4/2021).

Dalam pidatonya, Luhut menilai operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK tidak membuat koruptor jadi kapok. Oleh karena itu sangat penting dalam upaya pencegahan korupsi.

“Itu (pencegahan) menurut saya hal yang sangat penting, tidak sekadar OTT. Kita lihat, OTT sendiri pun, menurut saya, buahnya tidak seperti yang kita harapkan di mana orang jadi kapok, tidak juga,” paparnya.

Menurut Luhut, pencegahan korupsi menjadi fungsi penting KPK, diantaranya dengan penguatan SPBE (sistem pemerintahan berbasis elektronik) termasuk sinkronisasi perencanaan penganggaran.

“Tiga fungsi KPK yaitu pencegahan, penindakan dan pengawasan, tapi tidak cukup dengan OTT, tapi harus pencegahan. Dengan sistem digitalize sehingga tidak ada room untuk menyogok atau membayar, ” tambahnya. (Danil)