DAERAH  

Komunitas Mahasiswa Katolik Nias Utara Gelar Bakti Sosial

Kepulauan Nias, Nusantarapos.com. Bakti sosial Komunitas Mahasiswa Katolik (KMK) Nias Utara merupakan aksi spontanitas untuk turut hadir di tengah-tengah umat dan masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Stasi St. Leonardus Kare Paroki St. Bonifasius Alasa, Kecamatan Alasa Talu Muzòi Kabupaten Nias Utara. Selasa, (20/04/2021).

Tampak hadir Pembina KMK, Ketua dan Jajaran pengurus KMK, Lektor, serta seluruh umat yang ikut berpartisipasi.

Adapun bentuk kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 s/d 17.00 WIB seperti pengecoran teras gereja, pengecoran pot bunga/pohon di depan gereja dan sekaligus pengisian tanah dalam pot, membersihkan parit dan menyapu gereja. 

Ketua KMK Nias Utara, Wilman B. J. Hulu memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin dilakukan oleh KMK di wilayah paroki yang ada di Nias Utara. Tujuannya untuk membangun semangat solidaritas dan persaudaraan satu sama lain.

Di tempat yang sama Gizakiama Hulu sebagai Pembina KMK Nias Utara mengatakan bahwa di era ini yang menjadi tuntutan bagi pemuda adalah aksi nyata bukan sebatas karya kata. Mengapa? Karena manusia dan secara khusus sebagai mahasiswa hidup dalam situasi yang semakin kompleks, tugas utama memang mencari ilmu di bangku kuliah namun ketika terjun ke dunia masyarakat mahasiswa juga harus punya bekal melalui kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan seperti saat ini. Bakti sosial merupakan wujud kerja nyata mahasiswa, bagaimana mereka mengaplikasikan teori-teori yang dapat dipraktikkan di lapangan. Selain itu, jiwa muda perlu dibangkitkan supaya kelak memiliki jiwa pelayanan dan pengabdian tanpa batas karena melalui kegiatan-kegiatan organisasi mahasiswa, mereka dilatih untuk mampu bekerja secara tim, bagaimana menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik serta bagaimana berbaur dan berkomunikasi yang baik kepada masyarakat yang tidak se-usia dengan mereka. Tidak hanya itu, melalui kehadiran KMK Nias Utara di Stasi St. Leonardus Kare juga mudah-mudahan bisa membakar semangat umat dalam melanjutkan membenahi gereja ini menjadi lebih baik,” paparnya.

Salah seorang tokoh umat Ariston Zebua sebagai Lektor di Stasi St. Leonardus Kare, mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran KMK Nias Utara yang turun dan bekerja dengan solid sehingga panasnya terik matahari seakan tidak terasa karena kita semua bekerja dengan ramai dan penuh semangat. Melalui jiwa muda para mahasiswa mengajak kami yang tua untuk semangat bekerja dan bergotong royong ke depan. 

Diketahui bahwa pengurus stasi dan umat sangat kompak sehingga tahap demi tahap proses pembenahan gereja ini berjalan dengan baik. Hanya mereka masih mengalami kesulitan dalam finansial bilamana ada pembangunan yang cukup serius pada masa-masa yang akan datang. Kegiatan bakti sosial atau gotong royong berjalan sesuai yang diharapkan yang dihadiri oleh mahasiswa STP Dian Mandala Gunungsitoli dan mahasiswa Katolik STIE Pembnas yang berasal dari Kabupaten Nias Utara dan juga mahasiswa Katolik simpatisan yang berasal dari Kabupaten Nias, Nias Barat, Nias Selatan dan bahkan dari seberang yang kuliah di STP Dian Mandala Gunungsitoli,” tutupnya. (Arozatulo)