Kasad Andika Resmikan Smart Instalasi Tahanan Militer Pomdam Jaya/Jayakarta Pertama

Jakarta, Nusantarapos – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Andika Perkasa hari ini meresmikan Smart Instalasi Tahanan Militer Pomdam Jaya/Jayakarta yang pertama di Markas Pomdam Jaya Jalan Sultan Agung No.33, Manggarai, Jakarta Selatan.

“Ini merupakan kebanggaan kami, karena apa? Karena untuk pertama kalinya TNI Angkatan Darat memiliki smart instalasi tahanan militer. Smart, ini karena memang berbasis Information Communication Technology (ICT), sehingga semuanya ini sudah diintegrasikan sedemikian rupa. Sehingga satu, sangat aman. Kedua, juga sangat terkendali karena keduanya sudah di program secara elektronik hingga bisa otomatis,” ujar Andika Perkasa saat jumpa pers di depan awak media, Selasa (20/4/2021).

Andika melanjutkan, instalasi tahanan ini lebih manusiawi sehingga bisa mencegah bullying, vandalisme serta ataupun yang mencederai diri sendiri.

“Karena apa? Segala bentuk gerakan ada analisisnya. Dan analisisnya dilakukan langsung oleh artificial intelligent. Jadi sudah otomatis,” jelasnya.

Diketahui, smart Instalasi Tahanan Militer Pomdam Jaya/Jayakarta ini luasnya sekitar 1500 meter dan mampu menampung 83 orang prajurit binaan.

Ke depan, mantan Pangkostrad ini menyatakan akan menambah satu lagi pengadaan Smart Instalasi Tahanan Militer Pomdam Jaya/Jayakarta di tahun 2021.

“Kami sedang menyusun rencana, semoga kita juga bisa mendapatkan satu lagi tahun ini dalam hal pengadaannya ya. Kalau pengerjaannya kan membutuhkan waktu. Tapi sudah pasti kurang dalam setahun,” ungkapnya.

Andika berharap, “Saya titip kepada seluruh pejabat Polisi Militer Kodam Jaya untuk benar-benar memanfaatkan kelebihan dari instalasi tahanan militer ini, karena memang inilah yang seharusnya kita miliki,” pungkasnya. (Arie)