Bamsoet Minta Tidak Beli Alutsista Barang Bekas

JAKARTA,NUSANTARAPOS,-Ketua MPR RI sekaligus juga enerima Brevet Hiu Kencana sebagai warga kehormatan TNI Angkatan Laut, Bambang Soesatyo ikeu berduka cita atas gugurnya 53 personil KRI Nanggala-402. Bahkan ia ikut mendukung rencana Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang akan memberikan kenaikan pangkat kepada korban.

“Insya Allah berbagai pengabdian yang telah mereka berikan untuk negara, dicatat sebagai tambahan amal ibadah oleh Tuhan Yang Maha Esa. Untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga tetap tabah dan mengikhlaskan kepergian mereka. Para keluarga yang ditinggalkan pun harus bangga karena mereka adalah patriot kebanggaan bangsa, mengabdikan dirinya sebagai prajurit yang menjaga kedaulatan negara,” ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (26/4/21).

Bamsoet berharap, melalui Kementerian Pertahanan bersama TNI untuk melakukan evaluasi menyeluruh dan tidak menggunakan alat tempur bekas agar memperkecil bahaya kecelakaan.

“Lebih dari itu, pemerintah melalui Kementerian Pertahanan bersama TNI harus melakukan evaluasi menyeluruh, terutama terhadap sistem perawatan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Tidak boleh kita beli barang bekas lagi. Jika perlu, dilakukan audit terhadap sistem perawatan, perbaikan, dan pemeriksaan (maintenance, repair and overhaul/MRO). Agar kedepannya tidak ada lagi nyawa prajurit yang gugur dalam latihan,” pungkas Bamsoet. (EDTR)