Dukung IRW Pimpin AAI, DPC AAI Jaktim Berikan Kain Ulos

Usai menerima kain ulos, M. Ismak dan Ranto Simanjuntak didampingi Penasihat DPC AAI Jakarta Timur Alamsyah Sinurat dan Plt. DPC AAI Jakarta Timur Anggiat Sinurat memberikan pesan dan kesannya.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat memberikan dukungan penuh kepada IRW (Ismak-Ranto-Wenda) untuk memimpin AAI periode 2021-2026 pada Munas AAI di Bandung Juni mendatang.

Dukungan tersebut diberikan saat IRW mengadakan silaturahmi dengan 4 pengurus maupun anggota DPC yang ada di DKI Jakarta pada Senin malam (25/4/2021) di Restaurant Portable Kitchen Hotel Arion, Rawamangun, Jakarta Timur. Sebagai bentuk simbol dukungan Penasihat DPC AAI Jakarta Timur Alamsyah Sinurat memberikan kain ulos (mangulos) kepada M. Ismak dan Ranto Simanjuntak untuk kepemimpinan AAI selanjutnya.

M. Ismak yang merupakan Calon Ketua Umum incumbent dalam Munas AAI nanti, sangat mengapresiasi dukungan yang dilakukan oleh AAI Jakarta Timur dan Jakarta Utara tersebut.

“Penghargaan khusus yang saya dapatkan disini, diberikan dukungan penuh secara simbolis melalui adat Batak. Saya akan membawa AAI lebih maju dari 5 tahun sebelumnya,” katanya usai kegiatan.

Dia melanjutkan, jika nantinya dirinya terpilih kembali menjadi Ketua Umum AAI akan membenahi kepengurusan DPP dan DPC serta kesekretariatan.

“Tidak sampai dari 5 tahun AAI akan besar dari saat ini,” ucap dia.

Sesi tanya jawab Caketum AAI M. Ismak (tengah) dan Cawaketum AAI Ranto Simanjuntak (kiri) yang dipandu oleh Plt. Ketua DPC AAI Jakarta Timur Anggiat Sinurat.

Terkait adanya anggota yang diajak untuk bergabung dengan organisasi advokat lain seperti Peradi. Hal tersebut menurut Ismak merupakan problem besar yang harus diselesaikan kedepannya.

“Problem terbesar adalah setelah lahirnya Peradi banyak kepengurusan yang merangkap di dua organisasi advokat. Para anggota khususnya pengurus nantinya harus kita sadarkan dan komitmen untuk membesarkan AAI,” tegas Ismak.

Senada dengan Ismak, Calon Waketum AAI Ranto Simanjuntak mengatakan jika terpilih nanti akan membawa AAI lebih tegak lagi.

“Kita akan membawa AAI lebih tegak dan membawa anggota yang ada di luar agar kembali ke rumah AAI tidak terkait lagi dengan organisasi Peradi ataupun organisasi advokat lain,” jelas Ranto.

Ketua DPC AAI Jakarta Pusat Andreas Nahot Silitonga yang juga hadir dalam acara tersebut mendukung kepemimpinan IRW kedepannya terutama calon ketua umum M. Ismak.

Karena menurutnya, Ismak selalu konsisten mempertahankan dan memajukan AAI.

Plt. Ketua DPC AAI Jakarta Timur Anggiat Sinurat merapihkan kain ulos yang telah dipakaikan kepada Ranto Simanjuntak dan M. Ismak.

“Masa-masa tersulit yang dialami oleh AAI adalah saat organisasi Peradi terpecah belah, dan beberapa kelompok Peradi yang terpecah tersebut berusaha mengajak anggota AAI untuk bergabung. Namun, Ismak terus konsisten bahwa dia tidak bisa kemana-mana, itu kita harus acungin jempol,” tutur Nahot.

Nahot yang juga Manajer Kampanye IRW itu menambahkan selama kepemimpinan Ismak AAI bisa mencetak kader-kader baru.

Sementara itu, Penasihat DPC AAI Jakarta Timur Alamsyah Sinurat mengatakan sudah ikut kepemimpinan Ismak selama 5 tahun ini di DPP. Dan Ismak menurutnya selalu konsisten dan komitmen menjaga rumah AAI agar tidak goyah dan tidak berafiliasi dengan yang lain.

“Dengan masuknya Ranto dan Wenda akan lebih menyempurnakan kekurangan AAI sebelumnya untuk 5 tahun kedepan,” ujar Alamsyah.

Dia menambahkan, 10 tahun lalu AAI belum bisa membuat pendidikan dan pelatihan untuk advokat. Dan bisa terealisasi dalam 3 tahun terakhir di kepemimpinan M. Ismak.

“Dalam 3 tahun terakhir Ismak sudah melakukan pendidikan dan pelatihan advokat seperti apa yang dilakukan oleh Peradi. Dan AAI masih utuh tidak seperti organisasi advokat lain yang retak dan pecah,” tegas dia.