DAERAH  

Sekda Agus Sanusi Jabat PLH Bupati Tanjab Barat

TANJABBAR,NUSANTARAPOS,– Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung jabung Barat, Ir H Agus Sanusi Msi, akhirnya mulai Rabu (17/02/21) resmi menjabat PLH Bupati Tanjung jabung Barat sampai Drs H Anwar Sadat MAg dilantik sebagai Bupati dan Hairan SH Wakil Bupati defenitif dilantik akhir Februari 2021 ini.

Sekda Tanjung jabung Barat, Ir  H Agus Sanusi Msi sehari sebelum memangku tugas rangkap selaku PLH.Bupati Tanjung jabung Barat saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (16/2/21) mengatakan.kepada median jalurnews.com bahwa dirinya secara otomatis merangkap tugas harian bupati, setelah bupati-wakil bupati berakhir masa kerja dalam periode lima tahun sebelumnya. Dan bupati-wakil bupati periode baru belum dilantik, mengisi “kekosongan” tersebut,  dimana pejabat daerah diizinkan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai Plh Bupati, Ir H Agus Sanusi Msi melaksanakan tugas-tugas rutin sama dengan jabatan Sekda. Dan PLH tidak boleh menetapkan dan/atau melakukan keputusan dan/atau tindakan rutin yang menjadi wewenang jabatannya, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Disebutkan, tugas sebagai PlH itu hampir sama dengan tugas-tugas sebagai Sekda. Dan tidak boleh mengambil keputusan atau langkah yang bersifat strategis, yang berdampak pada perubahan status hukum dan alokasi anggaran.

“Ketika ditanya apakah menggunakan fasilitas layaknya sebagai bupati, dikatakan Sekda, fasilitas yang digunakan tetaplah menggunakan fasilitas Sekda,” ujarnya.