Kasespim Lemdiklat Polri Membuka Acara Bhakti Sosial

Bandung, Nusantarapos – Bertempat di mako Sespim Lemdiklat Polri telah berlangsung kegiatan bhakti sosial yang diselenggarakan oleh Serdik Sespimti Dikreg ke-30 Tahun 2021 yang dibuka oleh Kasespim Polri Irjen Rokhmat Sunanto, Jum’at (30 April 2021).

Hal ini merupakan implementasi dari perintah Presiden RI, Ir. Joko widodo pada saat Rapim TNI – Polri pada bulan Februari 2021 yag menyatakan bahwa, TNI dan Polri diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar dalam rangka penanggulangan penyebaran covid-19 secara paripurna dan pemulihan perekonomian negara.

Kegiatan tersebut terdiri dari dua jenis, yakni Vaksinasi Covid-19 dan penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat Lembang dan sekitarnya.

Kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di delapan (8) provinsi, yaitu:
Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara dan NTT.

Pelaksanaan vaksinasi diselenggarakan di Klinik Pratama Sespim Lemdiklat Polri untuk 400 warga masyarakat yang dilakukan secara bertahap, agar tidak terjadi kerumunan dan tetap menerapkan prokes yang ketat.

Pada kesempatan itu, Kasespim Lemdiklat Polri, Irjen Polisi Drs. Rokhmad Sunanto dalam sambutanya menyampaikan bahwa, ditunjuknya Klinik Pratama Sespim Lemdiklat Polri menjadi salah satu tempat untuk memberikan pelayanan Kepada masyarakat Lembang dan sekitarnya, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Sespim Lemdiklat Polri yang diberikan kepercayaan oleh pemerintah dan satgas Covid-19 Kabupaten Bandung Barat.

Mengingat Klinik pratama Sespim Lemdiklat Polri meskipun masih memiliki sarana dan prasarana terbatas, namun dinilai sudah mampu memberikan atau menyelenggarakan kegiatan vaksinasi selain untuk Keluarga besar Sespim sendiri, juga untuk masyarakat sekitarnya, karena memiliki tenaga medis atau vaksinator yang memadai, ungkap Kasespim Lemdiklat Polri.

“Pelaksanaan vaksinasi Klinik Pratama Sespim sebenarnya sudah memenuhi target, namun mengingat animo warga masyarakat yg begitu besar dan kepercayaan pemerintah daerah/satgas covid-19, maka klinik pramata sespim lemdiklat polri diberikan tugas kembali untuk melaksanakan vaksinasi, sehingga kegiatan vaksinasi melebihi target/overprestasi,” ujar Rokhmat Sunanto.

Lebih Lanjut Kasespim Lemdiklat Polri menyampaikan, Pendistribusian Sembako kepada masyarakat selain sebagai bentuk kepedulian dan rasa simpati kepada warga sekitar, juga dapat menumbuhkan kegiatan usaha perdagangan khususnya UMKM di delapan wilayah sasaran bhakti sosial, karena pengadaan sembako dibeli dari distributor dan toko-toko kelontong dikota tersebut.

Saat yang bersamaan, Kasespim huga memberangkatkan pasukan roda dua yang terdiri dari para Babimkamtibmas dan Babinsa untuk mendistribusikan paket sembako kepada masyarakat secara door to door untuk menghindari terjadinya kerumunan massa.

Dengan demikian apa yang diharapkan oleh bapak Presiden agar TNI dan Polri ikut serta membantu dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi Indonesia, maka Sespim Lemdiklat Polri sebagai lembaga pendidikan melibatkan untuk turut andil peserta didik Sespimti Dikreg-30, ikut andil dalam misi tugas tersebut

“Sehingga diharapkan agar para peserta didik Sespimti apabila nantinya bertugas dikewilayahan akan memiliki kepekaan sosial terhadap masyarakat dilingkungan kesatuannya. Dan menjadi agent of change bagi institusi Tni dan Polri,” imbuhnya.

Ditambahkannya, dalam rangka penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju dengan jaminan stabilitas kamtibmas yang terkendali,” pungkas Irjen Pol Rokhmat Sunanto. (Red)