Aksi May Day, Ribuan Buruh Tolak PKWT

  • Bagikan

Jakarta, Nusantarapos – Pasca aksi May Day 2021 di Jakarta, Aliansi Serikat Pekerja Buruh Indonesia (KASBI) menutup aksi mereka sekitar pukul 17.30 WIB, Sabtu, (1/5/2021).

Sejak pagi hari, aksi tersebut telah menutupi kawasan Patung Kuda di Jalan Merdeka Barat. Disana, elemen buruh dari KASBI sempat menyalakan berapa ratus flare.

Sejak pagi, sejumlah elemen buruh menyampaikan aspirasi mereka dan meminta agar pemerintah mencabut UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) mengawali aksi demonstrasi dalam perayaan May Day 2021 tahun ini.

Presiden KSPI Said Iqbal menyampaikan, buruh juga tidak setuju dengan adanya sistem kontrak atau dalam UU Cipta Kerja disebut Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

Pasalnya, aturan tentang kontak dalam UU Cipta Kerja tersebut tidak ada periode kontrak walaupun di aturan turunannya melalui peraturan pemerintah bada pembatasannya.

Akibat nya seorang pekerja buruh atau masyarakat yang baru masuk pasar kerja dan kemudian diterima bekerja di salah satu perusahaan tertentu mereka bisa dikontrak seratus kali, dua ratus kali bahkan seumur hidupnya. (Danil)

  • Bagikan