Dukungan untuk Palmer Situmorang Terus Mengalir, Diharapkan Bisa Kembalikan Marwah AAI di Skala Nasional

  • Bagikan
Kordinator Wilayah AAI Jateng-DIY Johanes Raharjo berfoto bersama ketua dan pengurus DPC yang ada di sana.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Dukungan terhadap Calon Ketua Umum (Caketum) Asosiasi Advokat Indonesia ( AAI ) Palmer Situmorang terus bertambah. Kali ini, dukungan datang dari para anggota AAI di wilayah Jawa Tengah (Jateng)-DI Yogyakarta.

“Kami mendukung rekan Palmer Situmorang untuk menjadi Ketua Umum AAI periode 2021-2026,” ujar Koordinator Wilayah Jateng-DIY, Johanes Raharjo, Selasa (4/5/2021).

Dukungan terhadap Palmer dari wilayah Jateng-DIY, kata Johanes dinyatakan saat buka bersama dengan lima DPC AAI, di Alila Hotel, Solo, Jumat ( 23/4/2021).

Kala itu, kata Johanes, ia didampingi Ketua DPC Solo/Surakarta Tri Puji Astuti, Ketua DPC DI Yogyakarta Bambang Handoko Kingkin, Ketua DPC Salatiga Benny Kailola, Ketua DPC Karang Anyar Joko Budi Santoso, dan Ketua DPC Sukoharjo Sri Sumantha. Johanes menjelaskan, dukungan terhadap Caketum Palmer Situmorang, diberikan karena alasan yang kuat.

“Jadi tidak asal dukung begitu saja, namun karena beberapa alasan yaitu karena salah satu visi PHD adalah menjaga marwah kehormatan AAI sebagai organisasi advokat yang kuat, berkualitas, berwibawa dan disegani. Visi ini yang sangat dibutuhkan oleh AAI,” papar Johanes.

Menurut Johanes, setiap kali dirinya melakukan kunjungan dan silaturahmi ke cabang-cabang di wilayahnya, anggota-anggota menginginkan agar nama besar AAI bergaung lagi dan disegani oleh penegak hukum lainnya.

“Jadi visi PHD ini sejalan dengan impian cabang-cabang khususnya di Jateng-DI Yogyakarta,” kata dia.

Untuk mewujudkan visi tersebut, lanjut Johanes, maka diperlukan sosok pemimpin atau nahkoda yang tangguh, berkualitas, bernyali, dan memiliki keberanian mengkritisi isu-isu yang aktual nasional terkait bidang hukum.

“Tentunya dibarengi dengan memberikan usulan, masukan, pendapat hukum ke institusi penegak hukum termasuk ke DPR sebagai bentuk kontribusi AAI sebagai organisasi advokat yang berkualitas. Tentunya juga harus seorang yang memiliki jaringan luas di lembaga-lembaga tinggi negara,” papar Johanes.

“Figur yang memiliki talenta tersebut adalah Palmer Situmorang, dia sebagai advokat kawakan di ibu kota yang tangguh, punya nyali, professional, popularitasnya sebagai advokat sudah tidak perlu diragukan lagi di nusantara,” imbuhnya.

Sehingga, kata dia tak heran kalau seorang Palmer Situmorang dipercaya oleh keluarga Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi kuasa hukumnya.

“Palmer Situmorang figur yang cocok dan diyakini sebagai nakhoda yang dapat menjadikan AAI sebagai organisasi advokat yang kuat, berwibawa memiliki gaung di skala nasional, sehingga nama besar AAI akan terdengar gaungnya kembali seperti era sebelum 2015, ketika dipimpin oleh Humphrey G Djemat, Johnson Panjaitan, Denny Kailimang, dan para figur pemimpin lainnya,” jelas Johanes.

Diketahui, jelang Munas AAI pada Juni 2021, ada dua pasangan pemimpin yang telah mendeklarasikan diri maju di perhelatan tersebut yakni Palmer Situmorang sebagai caketum, calon sekjen Hendri Donal, cawaketum Efran Helmi Juni (PHD). Lalu caketum M. Ismak, casekjend Wenda Aluwi, cawaketum Ranto Simanjuntak (IRW).

  • Bagikan